SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WATES—Bupati Kulonprogo, Toyo S.Dipo akan menolak perpanjangan izin stasiun radio yang telah pindah dari Kulonprogo.

Penolakan ini terkait adanya beberapa stasiun radio yang awalnya mengantongi izin frekuensi di Kulonprogo, namun saat ini telah dijual kepada pihak lain dan beroperasi di luar Kulonprogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Stasiun radio yang mengantongi izin frekuensi di Kulonprogo tetapi sata ini sudah pindah operasionalnya, jika mengajukan izin sesuai dengan izin yang sebelumnya dengan tegas akan kami tolak,” katanya, Rabu (13/7).

Toyo mengatakan, seharusnya jika memang mengantongi izin frekuensi di Kulonprogo, seyogyanya harus beroperasi di Kulonprogo meskipun sudah dijual kepada pihak lain.

“Kami juga akan memantau apabila dari mereka berkomitmen untuk pindah hanya terkait dengan hampir habisnya izin mereka, pasalnya kami tidak ingin itu hanya menjadi kamuflase, jangan-jangan nanti setelah izin diberikan, operasionalnya kembali pindah,” ujar dia.

Menurut Toyo, pihaknya lebih memilih untuk memberikan izin kepada radio lain yang benar-benar berada di Kulonprogo, ketimbang memberikan izin kepada stasiun radio yang tidak berada di Kulonprogo.

“Ini telah merugikan Kulonprogo, lebih baik persyaratan perizinan saya berikan kepada radio baru yang benar-benar mau beroperasi di Kulonprogo,” tuturnya.

Setidaknya ada tiga stasiun radio yang mengantongi izin frekuensi di Kulonprogo namun telah berpindah operasionalnya ke Kota Jogja, antara lain Rosala FM yang saat ini berganti nama menjadi KR Radio, Radio Andalan Muda yang berubah menjadi Impac Radio dan Radio Adikarta yang menjadi Radio Mega Suara.

Sementara anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), Tri Suparyoto mengatakan ketiga radio tersebut telah melanggar Keputusan Menteri No 15 tahun 2003 yang diperbarui Permen Kominfo No 13 Tahun 2010 tentang alokasi frekuensi. (Harian Jogja/Dasa Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya