Pemkab Klaten Tak Gelar Karnaval saat HUT RI, Ini Gantinya

Pemkab Klaten memilih tak menggelar karnaval budaya pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

 Peserta karnaval budaya beratraksi saat tiba di depan panggung yang berada di seberang Alun-alun Klaten, Sabtu (19/8/2017) sore. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Peserta karnaval budaya beratraksi saat tiba di depan panggung yang berada di seberang Alun-alun Klaten, Sabtu (19/8/2017) sore. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten memilih tak menggelar karnaval budaya pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini. Sebagai gantinya, Pemkab bakal menggelar festival reog.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pertimbangan Pemkab belum menggelar karnaval tahun ini mempertimbangkan kondisi masih pandemi Covid-19. Selain itu, Pemkab tak mengalokasikan anggaran untuk kegiatan karnaval pada tahun ini.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“Tahun ini mohon maaf, Klaten sementara tidak ada karnaval kebudayaan dan pembangunan. Saat perencanaan, kami prediksikan kondisi tahun ini masih pandemi Covid-19. Sehingga kegiatan karnaval tidak dianggarkan oleh TAPD,” kata Mulyani saat ditemui di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Selasa (16/8/2022).

Meski tanpa karnaval, Mulyani menjelaskan sudah ada agenda kegiatan menyambut peringatan Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Ada sekitar 109 kegiatan yang digelar mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. Seperti bazar UMKM serta pentas musik Ndarboy Genk.

Selain kegiatan yang sudah teragendakan, Pemkab berencana menambah kegiatan dengan menggelar festival reog pada Agustus ini.

Baca Juga: Peroleh Remisi Kemerdekaan, Begini Komentar Warga Binaan di LP Klaten

“Rencana nanti akan diadakan di Jl. Pemuda. Pelaksanaan pada bulan ini tentunya,” kata Mulyani.

Mulyani menjelaskan serangkaian kegiatan hiburan digelar sebagai bentuk mensyukuri Hari Jadi Kabupaten Klaten serta HUT Kemerdekaan RI seiring melandainya kasus Covid-19. Namun, dia mengingatkan agar warga tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 lantaran saat ini masih ada kasus Covid di Klaten.

“Protokol kesehatan serta imunitas tetap harus dijaga. Kami juga mengajak masyarakat untuk vaksinasi termasuk vaksinasi booster,” kata Mulyani.

Baca Juga: Byur! Peserta Lomba Meniti Bambu di Kalijaran Klaten Tercebur di Sungai

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan ide menggelar festival reog itu disampaikan Bupati Klaten. Dia menilai salah satu pertimbangan diadakan festival tersebut sebagai bagian untuk ikut melestarikan salah satu kebudayaan asli Indonesia.

Selain itu, kegiatan tersebut digelar untuk mengobati kerinduan warga Klaten yang selama dua tahun tak ada karnaval gegara pandemi Covid-19.

“Soal teknis pelaksanaan masih kami bicarakan. Sesuai petunjuk beliau entah nanti bentuknya festival, parade, atau lainnya nanti akan kami putuskan,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

      Hanya Pemkab Sragen dan Wonogiri yang mendapatkan penghargaan dari KASN terkait pengisian jabatan eselon II kategori baik.

      Yuk Coba KA Bandara Solo, Jadwal 3 Kali Sehari dengan Harga Rp7.000/Orang

      Jadwal dan rute perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo (KA BIAS) atau KA Bandara Solo dari Stasiun Balapan Solo maupun Stasiun Klaten.

      Bagi 150 Paket Beras, Polres Sragen akan Rutinkan Program Jumat Berkah

      Polres Sragen akan merutinkan program Jumat Berkah berupa pemberian paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

      Pura Mangkunegaran Menuju Pusat Kebudayaan Jawa

      Mangkunegaran juga telah mengenalkan budaya Jawa ke luar negeri lewat kegiatan bertajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 di Autralia, Malaysia, dan Thailand pada September. Hal ini sebagai bagian dari upaya membawa Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa.

      Catat Nih! Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Murah di Dekat Stasiun Wonogiri

      Rekomendasi lima destinasi wisata murah dekat Stasiun Wonogiri berdasarkan penelusuran Solopos.com.

      KA Batara Kresna Solusi Piknik Murah Meriah Solo - Wonogiri, Jadwal 4 Kali/Hari

      Warga masyarakat yang ingin piknik murah dari Solo - Wonogiri melintasi Sukoharjo bisa menggunakan Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan tarif hanya Rp4.000 per penumpang.

      STIKes Mitra Husada Karanganyar Wisuda 232 Mahasiswa

      Sebanyak 232 mahasiswa STIKes Mitra Husada Karanganyar diwisuda pada Kamis (6/10/2022).

      Wong Boyolali Tipu Pembeli Tanah di Sukoharjo, Uang Rp106 Juta Habis untuk Judi

      Dengan modus mengaku sebagai perantara penjual tanah, pelaku justru membawa kabur uang milik korbannya untuk berjudi.

      Solopos Hari Ini: Kemenangan Pertama Pemkot

      Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam sengketa lahan Sriwedari yang menjadi kemenangan pertama Pemkot Solo sejak 1970.

      Kronologi Truk Pengangkut Cat Terguling di Boyolali hingga Bikin Jalan Licin

      Sopir truk, Dwi, 37, menceritakan kronologi truk yang dikemudikannya terguling di Boyolali hingga mengakibatkan jalan Semarang-Solo licin.

      Biawak Berkeliaran di Halaman Rumah Warga Ngawen, Damkar Klaten Turun Tangan

      Tim Damkar Klaten mengevakuasi biawak di halaman rumah salah satu warga Desa Tempursari, Kecamatan Ngawen, Kamis (6/10/2022) sore.

      Jalan Semarang-Solo Mendadak Penuh Cat, Pengguna Jalan Berjatuhan karena Licin

      Truk pengangkut cat terguling di jalan Semarang-Solo, tepatnya depan Universitas Boyolali, Jumat (7/10/2022) pagi. Muatan berupa cat yang tumpah di jalan tersebut dan mengakibat jalan licin.

      Dolan Negeri Dongeng Lengkapi Paket Wisata Sinau Sragen Keren

      Tiga paket wisata bertajuk paket Sinau Wisata Sragen Keren dikenalkan dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan di Bumi Sukowati.

      Dispora Sragen Kenalkan 3 Paket Wisata Sinau Sragen Keren

      Dispora Sragen membuat paket itu hanya untuk informasi, sedang eksekusinya diserahkan kepada masing-masing biro perjalanan wisata.

      Hari Ini, Masjid Agung Solo Gelar Salat Gaib untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

      Salat Gaib untuk korban tragedi Kanjuruhan dilakukan takmir Masjid Agung Solo seusai pelaksanaan Salat Jumat.