Kategori: Klaten

Pemkab Klaten Siapkan Rp20 Miliar untuk Bikin RSUD di Majegan Tulung


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos

RSUD tipe D bakal dibangun di Majegan, Tulung, Klaten.

Solopos.com, KLATEN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berencana membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) di Desa Majegan, Kecamatan Tulung. Pada 2018, pemkab berencana menyusun detail engineering design (DED) pembangunan RSUD itu.

Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pembangunan RSUD dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan warga di wilayah utara Kabupaten Bersinar. Pembangunan RSUD itu menggenapi pelayanan kesehatan di Kabupaten Bersinar.

Saat ini, pemkab memiliki RSUD Bagas Waras, Kelurahan Buntalan, Klaten Tengah, yang masuk tipe C. "Warga di daerah Dapil III tidak perlu ke kota Klaten atau Boyolali untuk berobat," kata Mulyani dalam kegiatan sambang warga di Majegan, Kamis (19/10/2017) sore.

Mulyani meminta pemerintah desa mempersiapkan lahan guna merealisasikan pembangunan RSUD. Pembangunan ditargetkan mulai pada 2019.

Kepala Bappeda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, mengatakan RSUD yang dibangun di Majegan masuk tipe D. Lahan yang dibutuhkan sekitar 1 ha. "Untuk perkiraan anggaran pembangunan ya sekitar Rp20 miliar," kata dia.

Kepala Desa Majegan, Widada, mengatakan rencana pembangunan RSUD di wilayah Tulung sudah bergulir sejak lama atau sebelum RSUD Bagas Waras dibangun.

"Oleh kepala desa sebelumnya sudah disiapkan lahan untuk RSUD. Namun, pemkab akhirnya membangun RSUD di Desa Buntalan. Akhirnya rencana pembangunan di sini mundur. Mudah-mudahan segera dibangun RSUD di sini. Ini sudah menjadi harapan warga sejak lama," kata dia.

Widada menjelaskan tanah kas desa sudah disiapkan untuk pembangunan RSUD. "Untuk luasannya nanti tergantung oleh pemkab. Yang kami siapkan sekitar 3 ha," kata dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati