SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah sakit (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

RSUD tipe D bakal dibangun di Majegan, Tulung, Klaten.

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berencana membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) di Desa Majegan, Kecamatan Tulung. Pada 2018, pemkab berencana menyusun detail engineering design (DED) pembangunan RSUD itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pembangunan RSUD dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan warga di wilayah utara Kabupaten Bersinar. Pembangunan RSUD itu menggenapi pelayanan kesehatan di Kabupaten Bersinar.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ini, pemkab memiliki RSUD Bagas Waras, Kelurahan Buntalan, Klaten Tengah, yang masuk tipe C. “Warga di daerah Dapil III tidak perlu ke kota Klaten atau Boyolali untuk berobat,” kata Mulyani dalam kegiatan sambang warga di Majegan, Kamis (19/10/2017) sore.

Mulyani meminta pemerintah desa mempersiapkan lahan guna merealisasikan pembangunan RSUD. Pembangunan ditargetkan mulai pada 2019.

Kepala Bappeda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, mengatakan RSUD yang dibangun di Majegan masuk tipe D. Lahan yang dibutuhkan sekitar 1 ha. “Untuk perkiraan anggaran pembangunan ya sekitar Rp20 miliar,” kata dia.

Kepala Desa Majegan, Widada, mengatakan rencana pembangunan RSUD di wilayah Tulung sudah bergulir sejak lama atau sebelum RSUD Bagas Waras dibangun.

“Oleh kepala desa sebelumnya sudah disiapkan lahan untuk RSUD. Namun, pemkab akhirnya membangun RSUD di Desa Buntalan. Akhirnya rencana pembangunan di sini mundur. Mudah-mudahan segera dibangun RSUD di sini. Ini sudah menjadi harapan warga sejak lama,” kata dia.

Widada menjelaskan tanah kas desa sudah disiapkan untuk pembangunan RSUD. “Untuk luasannya nanti tergantung oleh pemkab. Yang kami siapkan sekitar 3 ha,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya