SOLOPOS.COM - Logo KPU (JIBI/Dok)

Solopos.com, KLATEN-Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten siap mencarikan gudang untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam penyimpanan logistik Pemilu Legislatif 2014. Nantinya, peminjaman itu bisa dengan sistem sewa atau pinjam pakai.

Hal itu diungkapkan Kepala DPPKAD Klaten, Sunarno, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (12/1/2014). Pihaknya siap memprioritaskan peminjaman beberapa aset Pemkab kepada KPU karena itu untuk kepentingan umum. Namun, untuk proses peminjaman aset itu perlu ada surat permohonan dari KPU.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jadi, mekanismenya KPU mengajukan surat permohonan ke kami untuk pinjam aset Pemkab yang bisa digunakan sebagai gudang logistik. Nanti kami akan mencarikan gedung yang representatif untuk penyimpanan logistik Pemilu dan itu kami prioritaskan,” katanya.

Sementara itu, terkait hibah tanah untuk pembangunan gedung KPU, Sunarno menyatakan bisa dikaji dengan mengusulkan permohonan ke Pemkab. Surat permohonan itu akan ditindaklanjuti dengan kajian untuk mengetahui potensi tanah dan bangunannya. Sebab, hibah tersebut sama halnya dengan memberikan aset pemkab ke pemerintah pusat karena pembangunannya dari dana KPU pusat.

“Gedung yang ditempati KPU saat ini masih aset Pemkab. Tapi, dalam aturan, permohonan hibah tersebut dimungkinkan. Hanya, harus ada pengajuan secara resmi dari KPU kepada Bupati. Setelah itu, kami tindaklanjuti dengan kajian dan pembahasan terlebih dahulu untuk memutuskan apakah aset itu bisa dihibahkan atau tidak,” tuturnya.

Menurut Sunarno, gedung KPU tersebut adalah bekas kantor Dinas Pendidikan pada tahun 90-an. Saat itu, Dinas Pendidikan hanya menangani pendidikan tingkat SD. Sedangkan TK, SMP, dan SMA ditangani Departemen Pendidikan yang kantornya terpisah. Setelah menjadi satuan kerja perangkat daerah (SKPD), keduanya digabung menjadi Dinas Pendidikan dan menempati Kantor Departemen Pendidikan.

“Setelah tidak lagi digunakan Kantor Dinas Pendidikan, gedung tersebut dimanfaatkan untuk Kantor KPU hingga saat ini. Jadi, bangunanya masih sama seperti dulu,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, KPU Klaten berencana mencari sejumlah gudang untuk menyimpan logistik Pemilu Legislatif 2014. Terutama untuk menyimpan surat suara dan formulir berita acara pemungutan suara yang direncanakan tiba pada pertengahan Februari. Sebab, saat ini, gudang milik KPU sudah tidak muat menampung logistik. Bahkan, pihak KPU sudah menyewa rumah kosong yang ada di depan Kantor KPU untuk gudang sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya