SOLOPOS.COM - Pjs Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko secara virtual dengan 26 camat menyerahkan bansos JPS berbentuk sembako tahap VI dari Pemkab Klaten. (Solopos.com/Humas Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Pada saat pandemi Covid-19, sebanyak 60.367 Kepala Keluarga (KK) yang masuk kategori miskin dan rentan miskin di Kabupaten Klaten menerima bantuan jaring pengaman sosial (JPS) tahap VI dari Pemerintah Kabupaten Klaten.

Penyaluran dilakukan secara serentak pada Jumat 20 November 2020 di seluruh desa dan kelurahan di Klaten. Penyerahan simbolis bantuan dilakukan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko secara virtual dengan 26 camat, serta kepala desa. Bantuan JPS tersebut senilai Rp220.000 per KK diwujudkan dalam bentuk sembako.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Pjs Bupati Klaten di hadapan para camat secara virtual dari rumah dinas bupati menjelaskan pemberian JPS tersebut. Pertama, dengan adanya bantuan tersebut masyarakat tidak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan keseharian, terutama kebutuhan pangan.

Diklaim Efektif Cegah Penyakit Menular, Masyarakat Tak Usah Ragu dengan Vaksin Covid-19

“Oleh karena itu dimohon para camat memastikan masyarakat di wilayahnya tidak ada yang kesulitan. Yakni dalam memenuhi kebutuhan pokok, utamanya pangan,” kata Pjs Bupati Klaten Sujarwanto.

Selain itu, Sujarwanto mengatakan JPS Kabupaten yang diwujudkan sembako, bahan bakunya dibeli dari masyarakat setempat. Sehingga diharapkan dengan cara ini dapat menggerakan roda perekonomian.

Bappeda: Keberhasilan Pembangunan di Klaten Tunjukkan Tren Positif

Perputaran Ekonomi

Sujarwantoa mengungkapkan, dengan adanya bantuan dari pusat, provinsi, kabupaten, dan desa juga dimaksudkan agar ada perputaran ekonomi. Terutama di tingkat lokal atau di masyarakat. Karena belanja atas kebutuhan itu semaksimal mungkin melibatkan penyedia barang dan jasa dari masyarakat setempat.

Terkait penyaluran tersebut, Kepala Dinas Sosial P3AKB Klaten M Nasir mengungkapkan bahwa bantuan JPS tahap VI ini diberikan kepada 60.367 KK. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi dan sosial masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Pemerintah Mau Buka 1 Juta Lowongan Guru, Semua Guru Honorer Bisa Ikut Lho!

Sebagai informasi, pada tahap pertama penyaluran JPS Kabupaten ini menjangkau sebanyak 33.670 KK, pada tahap kedua sebanyak 52.852 KK, dan pada tahap ketiga hingga ke enam menjangkau sebanyak 60.367 KK.

“Penyaluran bantuan JPS sembako tahap enam pada November ini diharapkan dapat memiliki fungsi strategis untuk mengurangi beban ekonomi dan sosial masyarakat,” kata M Nasir.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya