SOLOPOS.COM - Bus melintas di Terminal Ir Soekarno Klaten, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Minggu (2/5/2021). Suasana terminal masih lengang lantaran dampak larangan mudik Lebaran. (Espos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENPemkab Klaten akhirnya menyediakan fasilitas bus mudik gratis bagi kaum boro atau perantau di Jakarta dan sekitarnya. Total bus yang disiapkan dari Pemkab maupun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencapai 25 bus.

Kepala Dishub Klaten, Supriyono, mengatakan ada lima bus yang disiapkan Pemkab membuka pelayanan mudik gratis. Kelima bus tersebut diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 28 April 2022 mendatang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Masing-masing bus berkapasitas 50 orang. Artinya, fasilitas itu bisa dimanfaatkan 250 orang.

Baca Juga: Doa Mudik Perjalanan Agar Lancar dan Selamat Sampai Tujuan

“Itu nanti mendaftar di sana. Ada paguyuban se-Jawa Tengah. Kami tinggal menjemput dari Klaten,” kata Supriyono saat ditemui di Pendapa Pemkab Klaten, Senin (18/4/2022).

Jumlah bus yang disiapkan Pemkab Klaten untuk fasilitas mudik gratis itu disebut-sebut terbanyak kedua se-Jawa Tengah setelah Pati dengan 10 unit bus.

Awalnya, Pemkab tak menyediakan fasilitas mudik gratis tahun ini menyusul belum ada alokasi anggaran. Namun belakangan fasilitas itu disiapkan Pemkab.

Baca Juga: Hati-Hati Lur! Lalu Lintas Klaten Diprediksi Padat Saat Arus Mudik

“Ini kebijakan dari bupati yang perlu disyukuri,” urai Supriyono.

Selain Pemkab Klaten, Kemenhub juga membuka fasilitas mudik gratis. Kemenhub menyiapkan 20 unit bus mudik gratis dengan rute dari Jakarta dan sekitarnya.

Lokasi pemberangkatan dan kedatangan bus fasilitas mudik gratis itu dari terminal ke terminal. Ada 20 unit bus mudik gratis dari Kemenhub yang diperkirakan diberangkatkan pada 27 April 2022.

Baca Juga: Mudik Pakai Kendaraan Pribadi, Ini Syaratnya

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengaku banyak menerima pertanyaan warga perantau yang tergabung dalam Paguyuban Warga Klaten terkait mudik gratis.

“Untuk pemudik yang dirantau. InsyaAllah kami menyiapkan lima unit bus [mudik gratis],” kata Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya