SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengajukan sekitar 3.000 kursi CPNS rekrutmen tahun 2010 kepada Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan). Sebagian besar usulan formasi di bidang pendidikan dan kesehatan karena menyesuaikan kebutuhan daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Purwanto Anggoro Cipto, Jumat (11/6), mengatakan, ajuan formasi dari tahun ke tahun mencapai 2.000-3.000 kursi, namun yang disetujui biasanya kurang dari itu. “Sudah kami sampaikan ke Menpan. Ini tinggal menunggu berapa kuota formasi yang disetujui untuk Klaten,” jelasnya saat dijumpai wartawan di Kompleks Setda Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, kebutuhan tenaga pendidikan masih cukup besar lantaran banyaknya guru yang purna tugas beberapa tahun terakhir. Dijelaskan olehnya, rata-rata dalam setahun ada 600-700 PNS yang pensiun dan mayoritas di antaranya merupakan tenaga pendidik. Bahkan tahun ini, katanya, PNS yang pensiun sekitar 800an orang. Selain itu, kebutuhan tenaga kesehatan juga lumayan banyak.

Dia mempekirakan kebutuhan guru masih cukup besar hingga dua-tiga tahun mendatang. Hal itu mengingat usia pensiun guru yang dulu diangkat berbarengan saat pendirian SD Inpres rentangnya tidak begitu jauh. Meski demikian, jelasnya, formasi untuk bidang teknis juga tak dilupakan.

rei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya