Tutup Iklan
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melantik 145 kades terpilih dalam upacara di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (21/3/2019)./ Istimewa, Dinas Kominfo Karanganyar

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemkab menyiapkan pelatihan untuk kepala desa (kades) baru. Pelatihan akan dilaksanakan awal April.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa dan Kelurahan Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Timotius Suryadi, menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyiapkan sejumlah kegiatan untuk https://soloraya.solopos.com/read/20190321/494/979730/dilantik-145-kades-karanganyar-diminta-fokus-atasi-kemiskinan" title="Dilantik, 145 Kades Karanganyar Diminta Fokus Atasi Kemiskinan">kades baru. Pemkab melantik 145 kades terpilih di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (21/3/2019).

"Kami siapkan program workshop, bimbingan teknis untuk kades baru. Misal bagaimana cara mengelola alokasi dana desa [ADD] dan dana desa [DD]. Prosedur dan apa yang harus diketahui. Mereka harus cepat belajar. Jangan sampai pengetahuan kalah dengan yang dipimpin," kata Timo, sapaan akrabnya, saat berbincang dengan wartawan seusai pelantikan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Selain pengetahuan tentang itu, kades baru akan dibekali pengetahuan penyelenggaraan pemerintah desa, pengelolaan keuangan, perencanaan pembangunan desa, dan lain-lain. Timo menyampaikan tugas pertama kades baru adalah menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Menurut Timo, kades harus menetapkan RPJMDes pada tiga bulan mendatang. Dia mengungkapkan kades baru tidak bisa berlindung dibalik kalimat "tidak tahu".

"Formulasikan semua dan cocokkan dengan visi dan misi Pemkab. Nah, salah satunya pengentasan kemiskinan akan dimasukkan program itu [RPJMDes]. Kalau terjun ke pemerintahan harus siap, tidak ada pelanggaran, penyalahgunaan karena ketidaktahuan," ujar dia.

Timo mengungkapkan Pemkab akan membuka konsultasi khusus untuk kades baru. Rencana itu bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar. "Silakan datang setiap saat untuk meminta penjelasan dan bimbingan. Koordinasi dengan Dispermades. Kami buka ruang untuk mereka supaya bisa tanya, saling belajar. Mereka mulai bekerja per hari ini, sudah aktif," tutur dia.

Avatar
Editor:
Riyanta

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten