SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab menyiapkan pelatihan untuk kepala desa (kades) baru. Pelatihan akan dilaksanakan awal April.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa dan Kelurahan Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Timotius Suryadi, menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyiapkan sejumlah kegiatan untuk kades baru. Pemkab melantik 145 kades terpilih di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (21/3/2019).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami siapkan program workshop, bimbingan teknis untuk kades baru. Misal bagaimana cara mengelola alokasi dana desa [ADD] dan dana desa [DD]. Prosedur dan apa yang harus diketahui. Mereka harus cepat belajar. Jangan sampai pengetahuan kalah dengan yang dipimpin,” kata Timo, sapaan akrabnya, saat berbincang dengan wartawan seusai pelantikan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Selain pengetahuan tentang itu, kades baru akan dibekali pengetahuan penyelenggaraan pemerintah desa, pengelolaan keuangan, perencanaan pembangunan desa, dan lain-lain. Timo menyampaikan tugas pertama kades baru adalah menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Menurut Timo, kades harus menetapkan RPJMDes pada tiga bulan mendatang. Dia mengungkapkan kades baru tidak bisa berlindung dibalik kalimat “tidak tahu”.

“Formulasikan semua dan cocokkan dengan visi dan misi Pemkab. Nah, salah satunya pengentasan kemiskinan akan dimasukkan program itu [RPJMDes]. Kalau terjun ke pemerintahan harus siap, tidak ada pelanggaran, penyalahgunaan karena ketidaktahuan,” ujar dia.

Timo mengungkapkan Pemkab akan membuka konsultasi khusus untuk kades baru. Rencana itu bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar. “Silakan datang setiap saat untuk meminta penjelasan dan bimbingan. Koordinasi dengan Dispermades. Kami buka ruang untuk mereka supaya bisa tanya, saling belajar. Mereka mulai bekerja per hari ini, sudah aktif,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya