SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok.SOLOPOS), TUTUP--Kantor Koperasi Serba Usaha (KSU) Sejahtera di Kompleks Perumahan Bumi saraswati di Desa gaum, Tasikmadu, terlihat tutup, Selasa (16/2) siang. KSU Sejahtera merupakan pengembang awal Proyek Griya Lawu Asri (GLA) Jeruksawit yang saat ini bermasalah dan dalam penangangan Kejaksaan Tinggi (Kejakti) Jateng. (JIBI/SOLOPOS/Triyono)

Karanganyar (Solopos.com)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar kesulitan membekukan izin operasional Koperasi Serba Usaha (KSU) Sejahtera.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keberadaan anggota KSU Sejahtera tidak diketahui, bahkan koperasi mati suri sejak beberapa pengurus inti tersandung kasus skandal perumahan Griya Lawu Asri (GLA) 2010 silam.

Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Titis S Jawoto, ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, Senin  (28/11/2011), mengatakan tidak bisa serta-merta pihaknya membekukan izin operasional koperasi yang tersandung kasus hukum.

Walau dia mengakui koperasi tersebut tidak lagi beroperasi sebagaimana koperasi sehat lainnya. Dengan alasan pencabutan izin operasional yang rumit, pihaknya memilih membiarkan koperasi-koperasi itu.

“Untuk mencabut izin koperasi, prosesnya panjang dan ribet. Kalau pengurus tidak mengajukan pembubaran, kami tidak bisa membubarkan atau membekukannya meski koperasi itu sedang bermasalah dengan hukum,” terangnya.

(isw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya