Pemkab Karanganyar Buka Pendaftaran Transmigrasi 2023, Ini Penempatannya

Pemkab Karanganyar membuka kesempatan bagi warga yang ingin bertransmigrasi ke luar Jawa. Pendaftaran transmigrasi dibuka sejak 1-16 Oktober 2022.

 Ilustrasi salah satu lokasi trasmigrasi. (Antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi salah satu lokasi trasmigrasi. (Antaranews.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar membuka pendaftaran bagi warganya untuk bertransmigrasi pada 2023. Lokasi transmigrasi kali ini adalah Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Lowongan tersebut disampaikan melalui surat Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar Nomor 562/3446.7.3/IX/2022.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa pendaftaran berlangsung 1-16 0ktober 2022. Persyaratan utamanya adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Selain itu sudah berkeluarga yang dibuktikan dengan kartu keluarga (KK), kecuali tenaga kerja yang memiliki keahlian dan/atau keterampilan pendidikan, tenaga paramedis, pembina keagamaan, ASN yang dialihtugaskan, tenaga motivator dan sejenisnya.

Usia yang diperbolehkan 19-49 tahun atau 48-55 tahun bagi anggota TNI yang sudah purnabakti. Pendaftar juga harus sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter, serta memiliki semangat dan tekad kuat melalui surat pernyataan/pakta integritas kesanggupan melaksanakan kewajiban sebagai transmigran.

Baca Juga: Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

Pendaftar diutamakan yang memiliki keterampilan yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan dari lembaga berwenang dan belum pernah bertransmigrasi. Pendaftar juga harus lolos seleksi tim yang diberi kewenangan menyeleksi.

Kepala Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Martadi, mengatakan penetapan lokasi tujuan transmigrasi menunggu surat keputusan (SK) dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PTT).

“Silakan kepada masyarakat yang memiliki minat untuk bertransmigrasi 2023 bisa mendaftar ke kantor kami. Kami mengharapkan siapa pun yang mendaftar nanti memiliki bekal keterampilan dan harus memiliki tekad kuat melaksanakan kewajiban-kewajiban selama transmigrasi,” ujarnya, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Sayang, Cuma karena Belum Ber-NIB Ribuan UMKM Karanganyar Tak Dapat Bantuan

Sementara itu, pada pendaftaran sebelumnya, ada dua keluarga asal Karanganyar yang diberangkatkan transmigrasi. “Sebelumnya, sekira 2020/2021 ada tiga keluarga dari Karanganyar yang berangkat transmigrasi. Namun karena pandemi Covid-19, mereka baru diberangkatkan 2022. Satu keluarga mengundurkan diri, sehingga yang berangkat dua keluarga dengan sembilan jiwa,” imbuh Martadi.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Selamat! Solopeduli Terima Dua Penghargaan dalam IFA 2022

      Solopeduli baru saja meraih dua penghargaan dalam program Indonesia Fundraising Award (IFA) 2022 yang diselenggarakan Institut Funsraising Indonesia (IFI), Rabu (30/11/2022).

      Ingin Layanan Online di Dispendukcapil Sragen, Bisa Booking Nomor Antrean

      Layanan online di antaranya adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan (Pandu) Online, Sistem Antrean Online (Anton), Pelayanan Antar Jemput Dokumen Aminduk (Pelanduk), dan akan dikembangkan lagi Pelaporan Kematian Langsung Terbit Akta (Pelita).

      Lurah Muda di Sragen Buka Pelayanan PBB di Pos Kamling dan Bentuk Duta Pajak

      Dengan pendekatan jemput bola selama sebulan, lurah muda di Gemolong Sragen ini berhasil mengumpulkan PBB sebesar 25,12% dari ketetapan PBB 2022 senilai Rp333.012.593.

      Polisi Selidiki Dugaan Penampakan Macan di Perbatasan Sragen-Grobogan

      Pihak BKSDA meminta warga sekitar untuk kehati-hatian serta diminta mengurangi aktivitas di sore hari.

      Menjelang Akhir Tahun, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Wonogiri Mulai Naik

      Bahan pokok di Wonogiri yang mengalami kenaikan harga meliputi bawang merah, cabai rawit sret, cabai merah keriting, dan telur.

      Banyak Manfaat, Begini Cara Memperoleh KIA di Sragen

      KIA berfungsi untuk pendataan, perlindungan, dan perlayanan publik, serta sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

      Polres Sukoharjo Sosialisasikan Tata Cara Perizinan Kegiatan Masyarakat

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menjelaskan, sosialisasi tentang Perizinan dan Pemberitahuan Kegiatan Masyarakat, digelar dalam rangka menyambut sejumlah event menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

      Dua Jalan Desa di Kecamatan Selo Boyolali Tertutup Longsor, Akses Putus

      Jalan penghubung dua desa di Selo Boyolali terputus akibat tertutup longsor.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Kereta Kaesang-Erina Ditarik 6 Ekor Kuda

      Rencananya, prosesi adat Jawa pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dilaksanakan di Loji Gandrung pada Minggu (11/12/2022) pagi.

      Jalin Soliditas, PLN UP3 Klaten Gelar Multistakeholder Forum

      Acara diisi dengan beberapa kegiatan di antaranya penandatanganan terkait sertifikat energi baru terbarukan serta penandatanganan komitmen sistem manajemen antipenyuapan

      Pengumuman! CFD Boyolali Desember 2022 Cuma Dua Kali, Ini Alasannya

      CFD hanya dua kali karena pada 18 Desember untuk gerak jalan hari jadi DPRD Boyolali, dan bertepatan perayaan Natal 25 Desember.

      Sukoharjo Hujan Ringan Rabu Siang Ini, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan mulai Kamis (30/11/2022) siang.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022, Siang Hujan Ringan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Siang dan Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 1 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.