Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (Instagram/@juliyatmono.1)

Solopos.com, KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten Karanganyar berencana menghibahkan lahan seluas 8 hektare kepada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Nantinya lahan tersebut akan dibangun menjadi salah satu gedung fakultas baru.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, ketika ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (13/1/2020) pagi. Dia membenarkan rencana Pemkab Karanganyar membantu IAIN Surakarta dengan menghibahkan lahan milik pemerintah seluas 8 hektare.

“IAIN akan berubah menjadi UIN, tentu butuh perluasan. Mereka mengajukan permohonan ke Kabupaten Karanganyar. Saya setuju, saya cari lahan di Kabupaten Karanganyar. Ada sekitar 8 hektare. Nanti kami diskusikan prosedur permohonan dan segera dilengkapi. Nanti kami akan hibahkan itu. Supaya ada satu fakultas di Karanganyar,” kata Juliyatmono.

Juliyatmono menyebut rencana hibah untuk kampus IAIN Surakarta itu sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia yang lebih baik. Hal ini lantaran dari kerjasama tersebut, masyarakat Karanganyar bisa mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi dan pendidikan.

“Dampak ke depan itu kan kami berharap bisa meningkatkan dampak sumber daya manusia (SDM). Kami nanti meminta menambah kuota khusus bagi masyarakat Karanganyar yang akan kuliah di IAIN. Meningkatkan taraf pendidikan kan juga untuk menyiapkan SDM unggul. Untuk ekonomi nanti akan banyak usaha yang bisa berkembang di sekitar kampus seperti kos, dan umkm,” imbuh dia.

Terkait lokasi lahan yang dihibahkan, Juliyatmono masih merahasiakan hal tersebut. Dia hanya menyampaikan ada di wilayah Karanganyar. Namun, dia mengaku pembicaraan terkait hibah lahan untuk IAIN Surakarta sudah berjalan.

“Pokoknya ada di Karanganyar. Silakan dicari sendiri di 17 kecamatan itu yang berpotensi yang mana,” ucap dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, lahan yang akan dihibahkan oleh Pemkab Karanganyar untuk IAIN Surakarta nantinya dibangun menjadi Fakultas Psikologi dan Fakultas Sains dan Teknologi. Fakultas tersebut akan masuk sebagai bagian dari Kampus III IAIN Surakarta.

Diberitakan sebelumnya, Rektor IAIN Surakarta, Mudofir, menyambut baik rencana hibah lahan dari Pemkab Karanganyar. Dia menyebut tanah tersebut berada di sebelah timur Waduk Lalung atau selatan Karanganyar.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten