SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemiskinan RTLH (JIBI/Harianjogja/Dok.)

Pemkab Gunungkidul, kemiskinan dapat ditekan karena majunya pariwisata lokal

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Pesatnya perkembangan pariwisata selama beberapa tahun terakhir telah berpengaruh banyak terhadap meningkatnya perekonomian warga. Hal itu pula yang dinilai menjadi salah satu faktor menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul, hingga tidak lagi menjadi yang termiskin se-DIY.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunungkidul, Sumarwiyanto mengatakan angka kemiskinan di Gunungkidul mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Dibandingkan daerah yang lain [di DIY], Gunungkiudul penurunannya cukup bagus karena mencapai dua persen lebih,” kata dia kepada wartawan Rabu (14/6/2017).

Pada survei sosial ekonomi 2015, diketahui angka kemiskinan di Gununungkidul sebesar 21,73 persen. Angka tersebut menjadi yang tertinggi di DIY. Namun pada survei sosial ekonomi 2016, hasilnya menurun signifikan. Dengan metode survei yang sama dengan sebelumnya, yakni dengan mengambil sampel 10 rumah tangga. Hasilnya menunjukkan, angka kemiskinan menurun menjadi 19,34 persen.

Sumarwiyanto mengatakan penurunan angka kemiskinan memang terjadi di seluruh kabupaten atau kota yang ada di DIY, penurunan yang paling signifikan adalah di Gunungkidul.

“Sekarang Gunungkidul nomor empat [dari empat kabupaten dan satu kota di DIY]. Yang tertinggi [angka kemiskinan] itu di Kabupaten Kulonprogo,” ungkapnya.

Dia menduga penurunan itu disebabkan pesatnya perkembangan pariwisata di Gunungkidul selama beberapa tahun terakhir. Terlebih, semakin banyaknya objek wisata yang dikelola langsung oleh masyarakat, menimbulkan multiefek yang baik bagi perekonomian. Pasalnya masyarakat menerima pendapatan langsung dari sektor pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya