SOLOPOS.COM - Ilustrasi speed camera. (eyeview-cctv.com)

Pemkab Gunungkidul terus berbenah dalam melayani warga.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana memasang closed circuit television (CCTV) di area Taman Kota. Upaya ini dilakukan untuk mempermudah dalam pengawasan sehingga perilaku negatif masyarakat bisa dicegah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Daerah Gunungkidul Budi Martono mengatakan, pemasangan CCTV merupakan upaya pemkab untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Harapannya adanya piranti ini bisa mengurangi pandangan negative tentang taman kota.

Tidak bisa dipungkiri, selama ini masyarakat menganggap taman kota sebagai tempat mesum. Selain itu, keberadaan kamera pengintai itu juga bermanfaat untuk meningkatkan keamanan di wilayah tersebut.

“Kalau ada CCTV selain bisa dipantau dari jarak jauh, semua aktivitas di tempat itu selama 24 jam bisa diketahui,” kata Budi saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (21/10/2015).

Dia menjelaskan, pemasangan CCTV tidak hanya di taman kota, tempat-tempat lain seperti taman kuliner, titik nol kilometer dan Alun-Alun Wonosari juga akan diberikan piranti tersebut. Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dipasangi internet gratis melalui jaringan tanpa kabel.

“Mudah-mudahan di awal tahun depan sudah bisa dioperasikan, karena saat ini kami sedang memasukan anggarannya dalam APBD 2016. Adanya fasilitas ini, kami berharap kunjungan warga di area pemkab meningkat,” kata Budi lagi.

Dia menambahkan, pemkab terus membuat kajian mengenai penambahan fasilitas publik ini. Jangan sampai, pelayanan ini (khususnya wifi) mengganggu usaha internet milik masyarakat.

“Sudah kami survei, dalam radius dua kilometer tidak ada usaha warnet, jadi tidak ada masalah. Tapi kalau nanti ada yang komplain, maka daya jangkaunya akan kami perpendek lagi,” tutur pria berkacamata ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya