SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan pembangunan taman dan patung di Desa Putat, Kecamatan Patuk. Kamis (8/6/2017). (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Pemkab Gunungkidul terus mengembangkan sektor pariwisata.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Pembangunan untuk pengembangan pariwisata benar-benar digenjot oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Untuk mempercantik dan membuat icon destinasi wisata pemkab anggarkan dana hampir setengah miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : PEMKAB GUNUNGKIDUL : Wow, Hampir Setengah Miliar untuk Bangun Patung dan Taman

Sekretaris DLH Kabupaten Gunungkidul, Irawan Djatmiko menyampaikan tahun ini, Pemkab memiliki dua proyek pembangunan taman dan patung. Proyek pertama adalah pembangunan taman dan patung penari mengenakan topeng pentul di Desa Putat, Kecamatan Patuk yang dijalankan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gununggkidul dengan anggaran Rp93 juta. Sementara yang kedua adalah proyek kolaborasi DLH dan Dinas Pariwisata untuk pembangunan taman dan patung atlet voli pantai di Pantai Sepanjang, Kecamatan Tanjungsari yang dianggarkan dana sebesar Rp400 juta.

Lanjutnya lagi, patung dan taman yang dibangun di tengah pertigaan jalan pertemuan jalur alternatif Jalan Jogja-Wonosari di Desa Putat itu akan rampung dibangun sebelum Lebaran. Sehingga para pemudik ataupun wisatawan yang hendak ke Gunungkidul sudah dapat melihatnya.

Selain pembangunan taman dan patung di Desa Putat. Pihaknya juga berencana akan membangun taman dan patung sebagai ikon di kawasan pantai, tepatnya di Pantai Sepanjang. Namun lantaran keterbatasan anggaran maka rencana pembangunan taman dan patung altet voli pantai itu akan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata.

“Nanti kami [DLH] yang akan membuat tamannya, sedangkan Dinas Pariwisata akan membuat patungnya,” katanya, Minggu (11/6/2017).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata, Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan pembangunan patung dan taman memang dilakukan untuk mempercantik sejumlah destinasi wisata. Salah satunya dalam waktu dekat adalah pembangunan taman dan patung atlet voli pantai, di Pantai Sepanjang yang selama ini menjadi tujuan tempat voli pantai.

“Anggarannya dari kolaborasi dengan dua dinas sekitar Rp400 juta. Sekarang sedang finalisasi desain. Pembangunan ditarget tahun ini. dan semogan rampung pada triwulan keempat tahun ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya