SOLOPOS.COM - Ilustrasi (pedulisehati.com)

Pemkab Gunungkidul, anggaran dipangkas untuk rasionalisasi paska-pemangkasan DAU

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL  – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menjadi Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang memiliki potongan anggaran terbesar di Pemkab Gunungkidul. Dari pemangkasan Rp38,5 miliar, Rp8,7 miliar berasal dari dinas tersebut.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari sejumlah program yang dimiliki. Namun ada fakta mencengankan dari pemotongan itu, karena nominal sekitar Rp6 miliar bersumber dari gaji pegawai, sedang sisanya sebesar Rp2,7 miliar terbagi dalam beberapa kegiatan seperti pengadaan alat peraga atau mebeler untuk sekolah.

Kepala Disdikpora Gunungkidul Sudodo tidak menampik jika SKPD yang dibawahinya memiliki potongan anggaran terbesar. Menurut dia, hal tersebut menjadi wajar karena disdikpora menjadi SKPD terbesar dan membawahi lebih dari separuh pegawai yang ada di pemkab.

“Memang anggaran kita dipotong sebesar Rp8,7 miliar dan itu menjadi yang terbesar di antara SKPD yang lain,” kata Sudodo saat ditemui awak media di akhir pekan lalu.

Saat disinggung mengenai besaran potongan, dia juga tidak menampik jika mayoritas besaran berasal dari gaji pegawai di lingkup dinas. Hanya saja, Sododo tidak menjelaskan secara terperinci berkaitan dengan besarannya.

“Untuk detail bisa ke Pak Bahron selaku Sekretaris Disdikpora. Yang jelas, dari pemotongan memang ada berasal dari gaji,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya