SOLOPOS.COM - ilustrasi

Pemkab Gunungkidul akan memisahkan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Rencana pemisahan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan oleh pemerintah kabupaten Gunungkidul ternyata juga diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala bagian organisasi sekretariat daerah Gunungkidul, Wiwik Muhartiwi mengatakan memang akan terjadi banyak perubahan. Di antaranya adalah Kantor yang ditiadakan dan selanjutnya akan berubah menjadi Dinas ataupun Badan.

Wiwik melanjutkan, kantor yang akan berubah naik status tersebut seperti Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (KAPEDAL) yang nantinya akan berubah menjadi dinas atau badan.

“Lainnya seperti Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu juga akan jadi Dinas,” kata dia kepada wartawan, Jumat (18/3/2016).

Selain itu, yang turut berbuah ialah bidang-bidang yang terdapat dalam struktur Dinas. Seperti misalnya Bidang Menengah Atas pada Dinas Pendidikan, Pemuda,  dan Olahraga. Tak sampai disitu, perombakan juga dilakukan dengan menggabungkan dinas. Seperti Dinas Kehutanan dan Perkebunan akan digabungkan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Tak hanya pemisahan, penggabungan dinas juga akan terjadi, seperti Dinas Kehutanan dan Kelautan,” kata dia.

Namun sampai saat ini pihaknya belum dapat memberikan keterangan pada DPRD terkait perubahan-perubahan tersebut karena masih menunggu terbitnya Peraturan Pemerintah terkait dengan Struktur Organisasi dan Tenaga Kerja dari pusat.

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno mengungkapkan dirinya masih memaklumi proses yang serba menunggu tersebut. Namun ia berharap pemkab dapat segera mengambil tindakan untuk menagih pusat ataupun Provinsi terkait dengan PP yang mendasari pembentukan SOTK tersebut.

“PP semoga segera terbit sehingga penataan Pejabat dapat dilakukan sesuai dengan aturan pusat. Jangan sampai sudah penataan, tapi SOTK belum terbit, Kacau nanti,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya