Pemkab Desak Satgas Kalurahan Bawa Pasien Isoman ke Isoter

Pemkab Sleman meminta Satgas Kalurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas membawa pasien yang menjalani isoman ke isolasi terpusat (Isoter).

 Ilustrasi pengecekan ruang isolasi. (Dok. Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengecekan ruang isolasi. (Dok. Solopos)

Solopos.com, SLEMAN – Pemkab Sleman meminta Satgas Kalurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas membawa pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) ke lokasi isolasi terpusat (Isoter).

Saat ini keterisian pasien Covid-19 di sejumlah Isoter sedikit. Selain itu kebijakan ini dimaksudkan agar penyebaran Covid-19 tidak terus bertambah. Mengingat saat ini sudah ada virus Covid-19 varian delta yang penyebarannya cepat.

PromosiAspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

“Selain cepat, perkembangan tahapannya juga cepat. Dari OTG atau gejala ringan, bisa langsung ke gejala sedang dan berat,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Cahya Purnama, saat jumpa pers, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: DIY Masih PPKM Level 4, Bolehkan Jalan-Jalan ke Jogja?

Dinkes, kata Cahya, sangat prihatin dengan masih tingginya pasien Covid-19 yang Isoman. Pihaknya meminta pasien yang Isoman memerhatikan betul keberadaan dan fungsi Isoter. Hal ini bentuk kewaspadaan yang perlu dipahami masyarakat.

“Kalau pasien Isoman ini betul-betul bisa membentengi di keluarga dan lingkungan, ada alat saturasi dan sebagainya. Tanpa itu nonsens. Kalau merasa sehat ia akan jalan-jalan,” katanya.

Cahya mengatakan, meski kasus positif Covid-19 di Sleman cenderung menurun namun kasus harian yang terjadi masih fluktuatif. Kondisi ini, lanjutnya, harus disadari masyarakat khususnya Satgas Kalurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk segera membawa pasien yang Isoman ke Isoter. Jangan sampai hal ini menjadi bom waktu penambahan kasus Covid-19.

“Apalagi ini kebijakan dari Pusat di mana pasien Covid-19 dirawat di Isoter agar pengawasannya mudah dilakukan. Sekali lagi, kami meminta agar Satgas Kalurahan bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk membawa pasien dari Isoman ke Isoter,” ujarnya.

Baca juga: 50 Kelurahan di Sleman Masih Zona Kuning Covid-19

Pasien di Sleman Enggan Isoter

Cahya mengatakan, penambahan kasus harian pasien yang terkonfirmasi positif selama Agustus ini trennya terus menurun jika dibandingkan kasus yang terjadi sepanjang Juli. Di sisi lain, tingkat kesembuhan pasien juga mengalami peningkatan. Hanya 1.033 pasien yang menjalani perawatan di rumah-rumah sakit rujukan Covid-19.

Saat ini, kata Cahya, kasus aktif pasien Covid-19 tercatat 5.115 kasus. Sebagian besar pasien memilih menjalani Isoman dan yang tercatat di Isoter hanya 39 pasien. Baik di Asrama Haji, Rusun Gemawang, Asrama Unisa mapun Asrama UII.

“Tingkat fatalitas atau kematian pasien Covid-19 di Sleman salah satunya akibat pasien yang enggan menjalani isolasi di Isoter. Tingkat fatalitas atau kematian di Sleman masih 4,4 di atas rata-rata nasional. Itu karena keengganan pasien ke Isoter,” katanya.

Baca juga: Mural di Tembok SD Tukangan, Kepsek: Silahkan Gambar Tapi…

Sekda Sleman Harda Kiswaya mengatakan jika angka kematian pasien Covid-19 di Sleman masih tinggi. Meskipun kasus positif Covid-19 di Sleman cenderung menurun. “Vaksinasi terus kami geber agar herd immunity segera tercapai dan Sleman bisa turun level,” katanya.

Sebelumnya, Koordinator Posko Dekontaminasi Covid-19 BPBD Sleman, Vincentius Lilik Resmiyanto mengatakan jika dibandingkan kasus pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal saat menjalani Isoman selama Agustus ini jumlahnya menurun drastis. “Kalau Juli kami catat pasien Isoman yang meninggal sekitar 400an, selama Agustus hanya 96 kasus. Ya turunnya 75 persen kalau bulan ini dibandingkan Juli kemarin,” katanya.

Meski di bawah 100 kasus, Lilik tetap menilai kasus kematian pasien Covid-19 yang menjalani Isoman masih tergolong tinggi. “BOR di rumah sakit sudah menurun. Saat ini pasien lebih mudah untuk masuk rumah sakit atau ke Isoter,” katanya.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Catat! Deretan Acara Wisata di Bantul Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, akan menggelar kembali berbagai acara wisata untuk menarik kunjungan wisatawan pada tahun ini.

Atasi Kemacetan, Jalanan di Jogja Diusulkan Jalur Searah Semua, Setuju?

Kalangan DPRD Kota Jogja mengusulkan jalanan di Kota Jogja diubah menjadi jalur searah semua untuk mengatasi kemacetan.

Terekam CCTV, Spesialis Maling Gabah di Kulonprogo Diringkus

Spesialis pencurian gabah di Kulonprogo diringkus aparat polisi setelah terekam kamera CCTV.

Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Bayi asal Jateng Dirawat di DIY

Bayi berusia satu tahun tiga bulan asal Jawa Tengah (Jateng) diduga terjangkit hepatitis akut dan telah dirawat di sebuah rumah sakit di Sleman, DIY.

Prakiraan Cuaca BMKG: Awal Juni, Seluruh Wilayah DIY Masuk Kemarau

BMKG Yogyakarta memprakirakan musim kemarau di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY akan mulai tiba awal Juni 2022.

Rekor! Jumlah Wisatawan di Kulonprogo pada Mei Tertinggi Selama 2022

Jumlah pengunjung tempat wisata di Kulonprogo, DI Yogyakarta, pada Mei ini menjadi yang terbanyak selama 2022.

Belum Bisa Mandiri, Biaya Pengelolaan TBG Masih Andalkan Danais DIY

Biaya operasional dan pemeliharan Taman Budaya Gunungkidul masih mengandalkan Dana Keistimewan DIY.

Dituduh Bermasalah, Ombudsman DIY Panggil Pemenang Lelang TPA Piyungan

Kantor Perwakilan Ombudsman RI (ORI) Daerah Istimewa Yogyakarta memanggil perwakilan perusahaan yang menang lelang proyek TPA transisi Piyunagn yang dituduh bermasalah.

Pembangunan Tol Jogja Diprediksi Tak Bisa Rampung pada 2024, Kenapa?

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X memperkirakan pembangunan jalan tol di wilayah DIY tak bisa rampung pada 2024.

Pekan Ini Ada Atraksi Menarik di Kaliurang Sleman,Tertarik Menyaksikan?

Pada libur panjang pekan ini akan ada atraksi menarik berupa Tari Beksan Wanara Satus Kethek Mudun di Kaliurang, Kabupaten Sleman.

Wow! Wajah Baru Pasar Beringharjo, Diubah Seperti saat Zaman Belanda

Pasar Beringharjo kini memiliki tampilan baru, yakni warna fasad bangunan pasar itu dikembalikan seperti pada zaman dahulu.

Pamit Beli Tepung, Seorang Pemuda Ditemukan Meninggal di Embung UII

Seorang pemuda berusia 20 tahun ditemukan tak bernyawa di Embung UII, Kabupaten Sleman.

Haul Ke-32 Affandi, Mengenang Maestro Seni Lukis yang Mendunia

Affandi memiliki jasa besar terhadap dunia seni lukis di Indonesia, untuk mengenangnya sejumlah tokoh seni menggelar Haul ke-32 Affandi.

Razia Peredaran Ciu Digencarkan Usai 3 Pria Sleman Tewas Tenggak Miras

Petugas kepolisian menangkap seorang warga yang menjual minuman keras jenis ciu di Kalurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah, Sleman, DI Yogyakarta.

Waduh, Jalan di Kalirejo yang Kelongsoran Baru Bisa Dibuka 5 Hari Lagi

Jalan di Dusun Plampang II, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, DI Yogykarta, masih tertutup material longsoran pada Minggu (22/5/2022).