SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Pemkab melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Boyolali, mulai memasang bangunan berupa satu los di Pasar Teras, Boyolali. Rencananya, pemasangan itu dilakukan sebagai upaya meramaikan pasar yang berada di pinggir jalan Solo-Semarang menjadi pusat tembikar.

Kepala Disperindagsar Sutojoyo melalui Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Pasar Disperindagsar Jarot Suryono mengatakan bangunan los yang dipasang di Pasar Teras itu merupakan material bekas bangunan pasar darurat Pasar Boyolali Kota yang berada di Ngebong dan Tacung.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Selain di Teras, material bangunan los itu juga dipasang di Pasar Pengging, Banyudono dan Pasar Penggung, Boyolali,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (25/11).

Jarot menambahkan untuk bangunan los di Pasar Pengging, dikhususkan untuk mengganti los pasar hewan yang telah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Jarot menambahkan pemanfaatan Pasar Teras yang mangkrak itu dilakukan setelah ada warga yang meminta kepada Pemkab untuk memanfaatkan pasar itu sebagai pusat tembikar.
Tak hanya itu, jelas Jarot, pusat tembikar itu juga akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk belajar membuat tembikar.

“Dengan adanya permintaan itu, akhirnya kami memanfaatkan material yang tersisa untuk membenahi Pasar Teras yang sempat mangkrak,” papar dia.

Diakui Jarot, Pasar Teras itu sebelumnya akan dimanfaatkan untuk pasar burung. Namun, hanya berjalan beberapa waktu, karena pedagang memilih berjualan di pasar burung sebelah timur Umbul Pengging.

“Kami juga berencana untuk membenahi kios yang rusak dan pembuatan jembatan di depan pasar,” jelas dia.

Namun, imbuh Jarot, pembuatan jembatan itu masih menunggu selesainya proyek pelebaran jalan Kartasura-Boyolali. Selain itu, pihaknya juga mendapat masukan agar seluruh saluran air di depan pasar ditutup dengan gorong-gorong. Tetapi, hal itu perlu pertimbangan khusus, karena biaya yang cukup mahal.

fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya