SOLOPOS.COM - Kegiatan padusan di Umbul Pengging. (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, BOYOLALI -- Tahun ini acara padusan kembali tidak digelar di Boyolali. Hal itu sebagai upaya pengendalian persebaran Covid-19. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali juga akan memastikan pembatasan jumlah pengunjung di lokasi-lokasi wisata.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Susilo Hartono, mengatakan sama seperti tahun lalu, acara padusan di tahun ini masih ditiadakan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

"Padusan, bisanya kami gelar acara. Tapi saat ini kami tiadakan semua. Situasi masih belum memungkinkan," kata dia kepada Solopos.com, Minggu (4/4/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Siap-Siap, Pemudik Lebaran Masuk ke Sukoharjo Bakal Dikarantina di Donohudan

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, acara padusan sudah ditiadakan untuk yang kedua kali. Sebab pada tahun lalu, ketika pandemi Covid-19 sudah terjadi, padusan di Boyolali juga ditiadakan.

Pada tahun lalu lokasi wisata termasuk lokasi padusan juga ditutup untuk umum. Bedanya, pada tahun ini lokasi wisata, termasuk lokasi-lokasi yang sering digunakan untuk padusan tetap buka, namun tidak ada acara khusus padusan. Lokasi-lokasi tersebut di antaranya adalah Umbul Pengging dan Tlatar.

Diketahui, setiap tahunnya, saat momentum padusan, di lokasi-lokasi tersebut diwarnai dengan kegiatan seni budaya atau hiburan. "Untuk tahun ini tetap buka, tapi tidak ada acara khusus. Kami nanti juga berupaya untuk membatasi jumlah pengunjung. Kami akan buatkan edaran," jelas dia.

Pengunjung Wisata Dibatasi

Untuk lokasi wisata yang buka untuk umum hanya dibolehkan menerima kunjungan sebanyak 50% dari kapasitas biasanya. Pengelola Umbul Pengging, Wardoyo, mengatakan untuk saat ini lokasi Embung Pengging tetap dibuka untuk umum, namun tidak ada acara padusan.

"Padusan tidak ada, tapi kalau ada yang mau mandi, dipersilakan. Sampai sekarang belum ada informasi soal itu [pelaksanaan acara padusan]," kata dia kepada Solopos.com, Minggu.

Baca Juga: Real Sociedad Juara Copa Del Rey 2019/2020 Seusai Tundukkan Athletic Bilbao

Sementara mengenai kunjungan tamu, dia mengatakan saat ini jumlah kunjungan sudah sedikit ada peningkatan khususnya saat Minggu. Tapi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sebelum adanya Covid-19, pengurangan jumlah pengunjungnya masih sangat banyak.

"Masih jauh jika dibandingkan sebelumnya, tidak ada separuhnya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya