SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI—Kecamatan baru hasil pemekaran direncanakan memiliki alun-alun yang terletak berdekatan dengan pusat pemerintahan masing-masing.

Data yang diperoleh Solopos.com dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Boyolali, disebutkan pada 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali akan membangun empat alun-alun baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dokumen perencanaan tersebut masih merujuk pada jumlah kecamatan sebelum pemekaran. Dua alun-alun dibangun di Kecamatan Ampel, satu di Kecamatan Wonosegoro, dan satu di Kecamatan Musuk. Masing-masing direncanakan menelan anggaran Rp5 miliar sehingga total Pemkab menganggarkan Rp20 miliar.

Rencana pembangunan alun-alun juga dibenarkan Camat Tamansari, Wurlaksono, kepada Solopos.com, Senin (25/2/2019) siang. Pembangunan alun-alun akan berlangsung satu paket bersamaan dengan pembangunan kantor pemerintahan terpadu.

Satu kompleks kantor tersebut akan memiliki Kantor Kecamatan, Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek), Komando Rayon Militer (Koramil), pusat pendidikan, dan pusat kesehatan.

Rencana pembangunan alun-alun tersebut, imbuh Wurlaksono, berembus ketika Bupati Seno Samodro meninjau detail engineering design (DED) pembangunan perkantoran terpadu, Jumat (22/2/2019) lalu.

“Kabarnya akan ada alun-alun namun kami belum dapat memastikan,” ujar Wurlaksono.

Wurlaksono mengatakan pembangunan kantor terpadu Kecamatan Tamansari akan dimulai Maret nanti. Langkah awalnya adalah pengerukan dan perataan tanah.

Perencanaan

Isu pembangunan alun-alun di pusat kota kecamatan ini juga berembus di Kecamatan Wonosamodro. Sekretaris Camat Wonosamodro, Pujiyo, menuturkan kabar pembangunan alun-alun sempat berembus. Namun saat ini untuk pembangunan kompleks perkantoran terpadu belum dimulai. “Masih dalam tahap pengurusan lahan,” ujar Pujiyo.

Staf Perekonomian dan Pembangunan Kecamatan Wonosegoro, Suratno, menuturkan bakal ada satu alun-alun yang rencananya dibangun di kawasan Wonosegoro. “Meski perencanaan di Wonosegoro pembangunannya di Wonosamodro, saat itu perencanaan masih jadi satu,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya