SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pekerja garmen (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah (Jateng), saat ini tengah menyiapkan 700 tenaga kerja terampil di bidang menjahit. Hal itu dilakukan Pemkab Batang demi memenuhi permintaan perusahaan garmen atau pakaian asal Korea Selatan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Batang, Rahmat Nurul Fadilah, mengatakan saat ini pihaknya secara bertahap menyiapkan para tenaga kerja itu dengan memberikan pelatihan berbasis kompetensi.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Kami belum sepenuhnya bisa memenuhi permintaan kebutuhan tenaga kerja itu karena kami hanya memiliki 16 orang per kelas yang kini sedang mengikuti pelatihan,” katanya.

Menurut dia, pihaknya kini sedang menghadapi tantangan besar dalam memenuhi permintaan 700 tenaga kerja terampil di bidang jahit-menjahit tersebut. “Ini sebagai upaya pemenuhan dan mempersiapkan tenaga kerja kompeten untuk ditempatkan di Kawasan Industri Batang,” katanya.

Rahmat menjelaskan, pelatihan berbasis kompetensi tersebut didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Kementerian Ketenagakerjaan. Saat ini, katanya, pihaknya telah membuka empat kejuruan baru melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang.

Pada kejuruan tersebut mencakup operator sewing 3 dan 4, fillet welder smaw 2F, serta desainer grafis muda. “Yang menarik, operator sewing 3 dan 4 telah mendapatkan permintaan dari perusahaan garmen Korea Selatan yang membutuhkan 700 tenaga kerja,” katanya.

Dikatakan, pada kegiatan pelatihan itu tidak hanya fokus pada ketrampilan teknis, namun juga pada aspek nonteknis seperti mental dan disiplin. “Kami berupaya meningkatkan aspek nonteknis yang selama ini dinilai masih kurang. Kami berharap pelatihan ini dapat terus membantu penyerapan tenaga kerja di daerah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya