SOLOPOS.COM - Pasar Seni Gabusan (PSG) di alan Parangtritis Bantul. (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Pemkab Bantul memiki rencana tersendiri paska-pemisahan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Harianjogja.com, BANTUL — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berencana membuat kantor cabang Dinas Kebudayaan setelah memisah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Nantinya, Pasar Seni Gabusan adalah salah satu tempat yang diproyeksikan sebagai kantor cabang Dinas Kebudayaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Bantul, Suharsono mengatakan setelah Dinas Kebudayaan resmi berdiri sendiri, nantinya dibuatkan kantor cabang. Hal itu menurut dia untuk mengembangkan potensi seni budaya di setiap tempat strategis yang selama ini belum optimal.

”Nanti Dinas Kebudayaan rencananya akan saya buat kantor cabang untuk menghidupkan tempat-tempat kesenian seperti Pasar Seni Gabusan, biar ramai terus,” ujarnya, Senin (27/9/2016).

Menurut Suharsono, Pasar Seni Gabusan selama ini belum dikelola dengan baik, sehingga dia ingin menghidupkan tempat tersebut. Pasar Seni Gabusan dia nilai potensial sebagai tempat berkumpulnya seniman dan budayawan.

“Nanti akan saya kasih gamelan uyon-uyon dan sebagainya biar semarak terus. Biar bisa jadi tempat para seniman berkumpul untuk pertunjukan seni. Sekarang kondisinya menganggur, padahal itu bagus di salah salah satu joglo dekat water boom Pasar Seni Gabusan itu,” jelasnya kepada Harianjogja.com.

Kata Suharsono setelah kebudayaan menjadi dinas tersendiri, nanti kepala bagian seni bisa berdinas di Pasar Seni Gabusan. Kendati demikian, menurut dia untuk kantor pusat Dinas Kebudayaan akan tetap berada di kompleks perkantoran Manding. Pasar Seni Gabusan hanya menjadi pusat kegiatan seni saja, lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya