SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gerbang masuk kompleks pesanggrahan Pratjimohardjo. (dok Solopos

Boyolali (Solopos.com)--Pemkab Boyolali akan memperbaiki Pesanggrahan Pratjimohardjo yang dibangun Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Paku Buwono X.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya peninggalan bersejarah yang terletak di Desa Paras Kecamatan Cepogo tersebut dalam kondisi tidak terawat dan memprihatinkan.

“Kami bersama Bupati Boyolali, Seno Samudra telah mengecek kondisi di lapangan. Dalam hal revitalisasi ini, Pemkab juga melibatkan tim konsultan antara lain dari unsur akademisi,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Boyolali, Sugiyanto saat ditemui wartawan, Jumat (18/11/2011).

Pihaknya baru melakukan survei awal. Setelah itu, Pemkab akan memetakan lalu diambil langkah terbaik untuk pengembangan pesanggrahan tersebut. Menurut rencana, pendataan dan pemetaan perbaikan situs dimaksimalkan di tahun 2012 mendatang.

“Kami belum bisa memastikan kapan bisa dimulai perbaikan itu. Selain pemetaan yang belum dilakukan juga diperkirakan akan menelan biaya yang tidak sedikit,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya akan mengupayakan untuk menghidupkan pesanggarahan yang dibangun pada masa PB X. Menurutnya, kawasan itu sangat potensial untuk dijadikan tempat wisata. Selain itu, situs ini juga sarat akan sejarah.

(rid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya