Tutup Iklan

Pemindahan 2.130 Makam TPU Putri Cempo Solo ke TPU Lain Gratis

Pemindahan 2.130 Makam TPU Putri Cempo Solo ke TPU Lain Gratis

SOLOPOS.COM - Pekerja mengangkut peti berisi tulang jenazah saat pembongkaran makan terdampak pelaksanaan proyek penanganan banjir Kota Solo paket 3 di Tempat Permakaman Umum (TPU) Putri Cempo, Nusukan, Banjarsari, Solo, Kamis (10/8/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo mempercepat pemindahan ribuan makam TPU Putri Cempo ke TPU lain.

Solopos.com, SOLO — Proses pemindahan ribuan makam di Taman Permakaman Umum (TPU) Putri Cempo, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo, dikebut Pemkot. Ditargetkan pemindahan kerangka jenazah tersebut rampung akhir tahun ini.

Pemindahan makam dikerjakan lantaran lokasi tersebut terdampak proyek embung dan bendung karet Tirtonadi. Makam-makam itu direlokasi ke lima TPU yang dikelola Pemkot, yakni, Bonoloyo, Untoroloyo, Daksinoloyo, Pracimaloyo dan Purwoloyo.

“Paling banyak kerangka jenazah dipindahkan ke TPU Untoroloyo dan memang kami lebih menyarankan ahli waris ke sana. Karena lahannya masih luas,” kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KKP), Agus Djoko Witiarso, Minggu (15/10/2017).

Relokasi makam sepenuhnya dibiayai oleh Pemkot melalui APBD Kota Solo 2017. Namun Agus tidak merinci besaran anggaran yang disiapkan untuk keperluan tersebut.

Yang jelas, pemindahan makam dari penggalian makam lama, pemindahan badan atau kerangka jenazah, sampai pemakaman kembali di lokasi baru sepenuhnya gratis. Dengan demikian tidak ada ongkos pemindahan makam yang dibebankan kepada ahli waris.

Pemkot meminta ahli waris melaporkan apabila terdapat oknum yang menarik biaya pemindahan makam tersebut. “Kalau memang ada biaya itu [pemindahan makam] artinya pungli [pungutan liar]. Jadi saya harap ahli waris bisa melaporkan ke kita untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Agus mengatakan relokasi makam harus dilakukan Pemkot lantaran TPU Putri Cempo terdampak pembangunan embung karet maupun proyek penanganan banjir di Kali Pepe. Meski demikian, terdapat satu makam yang hanya digeser ke lokasi lain.

Makam tersebut adalah makam Putri Cempo. Nantinya Pemkot akan melabeli makam itu dengan label cagar budaya. Komunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) pun sudah dilakukan agar nantinya makam itu bisa didesain menjadi penanda kawasan. “Bisa menjadi jujukan untuk wisata religi. Jadi nanti makamnya akan kita tata dengan baik,” katanya.

Pelaksana Kegiatan Pemindahan Makam TPU Putri Cempa Trihono mengatakan jumlah makam yang harus dibongkar dan dipindahkan tercatat ada 2.130 makam. Seluruh makam tersebut harus dipindahkan maksimal Desember nanti.

Juru kunci makam TPU Putri Cempo, Sugiyem mengatakan terdapat empat makam yang dinilai keramat oleh warga setempat. Keempat makam ini adalah makam Putri Cempo berikut dua pembantunya, Mban Cepuk dan Mban Sentana, serta sebuah makam terpisah makam Anjayawati. “Empat makam ini tidak dibongkar,” katanya.

Makam Putri Cempo bersama dua pengikutnya tersebut dipagari dan ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) pada 2012. Banyak peziarah yang berbondong-bondong datang ke makam Putri Cempo setiap malam Selasa Kliwon.

Berita Terkait

Berita Terkini

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Adelin Lis Ditangkap di Singapura

Buronan sekaligus terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang 10 tahun ini disasar Kejaksaan Agung akhirnya ditangkap imigrasi Singapura.

Waspada! Ada 26 Kasus DBD di Madiun Pada 2021

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Madiun cukup tinggi pada tahun 2021, Dinkes mencatat ada 26 kasus DBD di tahun ini.

Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Jakarta tetap melanjutkan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19, dua pekan terakhir ini.

Ada Orang Kena Serangan Jantung? Begini Pertolongan Pertamanya

Pertolongan pertama menjadi kunci harapan hidup seseorang yang mengalami serangan jantung. 

Vaksinasi Publik 18+ Siap Bergulir Di Solo, 12 Kelurahan Jadi Prioritas

Pemkot Solo segera menggulirkan vaksinasi Covid-19 bagi publik usia 18 tahun ke atas dengan prioritas 12 kelurahan.

Penerjun Payung Protes Jelang Kick Off Prancis vs Jerman

Laga Grup F Piala Eropa (Euro) 2021 Jerman versus Prancis di Allianz Arena di Munchen diawali aksi protes penerjun payung.

Konsumen Diberi Kemudahan, Agar Sukses Berbisnis Home Appliance

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis home appliance atau perabotan rumah tangga.

Jalani Isolasi Mandiri, BCL Merasakan Sejumlah Gejala Covid-19

BCL merasakan sejumlah gejala saat hari ketiga karantina.

PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Listrik Rumah Sakit & Faskes

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, dan mencegah pemadaman listrik, khususnya tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

Rating TV Indonesia: Tayangan Sinetron Masih Digemari

Tayangan sinetron sepertinya masih mendominasi rating TV Indonesia.

Selamat! Wali Kota Madiun Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian LH dan Kehutanan

Maidi menuturkan penghargaan Nirwasita Tantra 2020 ini diberikan karena Kota Madiun dianggap berhasil menata kota dengan memperhatikan lingkungan.