Peminat UNS Solo Terbanyak Kedua di SBMPTN, Ini Daftar Prodi Favorit
Ilustrasi ujian tulis berbasis kertas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (Antara-M. Agung Rajasa)

Solopos.com, JAKARTA - Resmi ditutup pada 24 Juni 2019 pukul 22.00 WIB, peminat pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membeludak. Tercatat ada jumlah pendaftar yang masuk mencapai 48.735 pendaftar.

"UNS menjadi perguruan tinggi dengan jumlah pendaftar terbanyak kedua. Yang pertama ada Universitas Brawijaya, yang ketiga Universitas Diponegoro," kata Yunus yang juga Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, saat ditemui di kantornya, Rabu (26/6/2019).
Baca juga: Pendaftaran SBMPTN 2019 Ditutup Malam Ini, Tak Ada Perpanjangan Waktu

UNS tahun ini membuka 67 program studi (prodi), 32 di antaranya saintek dan 35 soshum. Prodi saintek dengan peminat terbanyak ialah Kedokteran, sedangkan prodi soshum ialah Ilmu Hukum.

"Untuk saintek, peminat terbanyak ada di Kedokteran dengan 1.836 pendaftar, kemudian Psikologi dengan 1.505 pendaftar. Sedangkan soshum ada Ilmu Hukum dengan 2.524 pendaftar dan Manajemen dengan 1.523 pendaftar," ujarnya.

Beberapa prodi lain yang juga favorit ialah Teknik Sipil, Informatika dan Agroteknologi untuk saintek. Kemudian prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Ekonomi Pembangunan dan Ilmu Komunikasi untuk soshum.

Angka tersebut merupakan rekapitulasi setelah pendaftaran ditutup pada 24 Juni 2019 pukul 22.00 WIB. Hasil SBMPTN akan diumumkan pada 9 Juli 2019 mendatang.

"Bagi pendaftar yang tidak lolos, masih dapat mengikuti jalur seleksi mandiri. Jalur ini mulai kita buka pada 2 Juli sampai 11 Juli 2019," pungkasnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom