SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin booster Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Antusiasme warga Klaten untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua ternyata cukup tinggi. Selama hampir sepekan, ada 8.624 warga yang sudah mendapatkan suntikan vaksinasi booster kedua.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, menjelaskan vaksinasi booster kedua sudah bisa dilayani di Puskesmas sejak Selasa (24/1/2023) lalu. Dia memastikan ketersediaan vaksin hingga kini masih ada.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Syarat usianya 18 tahun ke atas. Yang jelas sudah menerima booster pertama dan minimal jaraknya enam bulan [dari sejak menerima suntikan booster pertama],” kata Cahyono saat ditemui Solopos.com di Pendapa Pemkab Klaten, Senin (30/1/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Cahyono menjelaskan minat warga Klaten untuk mendapatkan vaksin booster kedua cukup tinggi. Dia mencontohkan rata-rata per hari ada 250 orang yang mendatangi Puskesmas untuk suntik vaksin booster kedua.

Hingga Senin pagi, jumlah total warga yang sudah menerima booster kedua mencapai 8.624 orang atau 5,03 persen dari total sasaran. Sementara, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama sekitar 937.089 orang, dosis kedua 891.456 orang, dan dosis ketiga atau booster pertama 407.332 orang.

Ttotal target sasaran penerima vaksinasi Covid-19 di Klaten sebanyak 1.112.464 orang. Dinkes Klaten mengingatkan warga tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 meskipun sudah menerima vaksin sampai booster kedua.

Hingga kini, masih ada kasus Covid-19 di Klaten. Jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten saat ini ada empat orang. Subkoordinator Surveylans Karantina Kesehatan dan Imunisasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Klaten, Mentes Hartanti, mengatakan ada sejumlah manfaat dari mendapatkan vaksinasi booster kedua.

“Bisa menambah titer antibodi seseorang seiring berjalannya waktu mengalami penurunan, menghindari tingkat keparahan apabila terinfeksi Covid-19, serta membentuk herd immunity,” kata Mentes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya