SOLOPOS.COM - Ilustrasi SNMPTN (Dokumentasi)

Ilustrasi SNMPTN (Dokumentasi)

SOLO— Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tahun depan diperkirakan membeludak.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi, Jumat (14/12/2012), di Solo, mengatakan sekitar 50% dari kuota yang tersedia diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang melalui SNMPTN jalur undangan.

Ia mengatakan, tingginya peminat jalur undangan tersebut, terutama akibat penghapusan kategori sekolah yang siswanya dapat mendaftar melalui jalur tersebut. Aturan mengenai akreditasi sekolah yang bisa mendaftarkan siswa sudah dihapus, sehingga seluruh sekolah memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftarkan siswanya.

“Syarat untuk siswa yang melalui jalur undangan ini hanya menyerahkan rapor semester satu sampai lima, serta lulus ujian nasional,” kata Karsidi.

Oleh karena itu, lanjut dia, untuk mengantisipasi banyaknya sekolah yang mendaftarkan siswanya melalui jalur tersebut, maka harus 0%dilakukan skoring.

Ia menuturkan, sekolah akan diminta mengisi pangkalan data sekolah dan siswa untuk menentukan pemeringkatan sekolah.

“Sekolah wilayah perkotaan tentu berbeda dengan yang di persediaan, dari segi kualitas,” katanya.

Proses skoring sekolah tersebut, lanjut Karsidi, akan dimulai pada 17 Desember 2012 hingga Maret 2013.

Adapun 40 persen kuota calon mahasiswa lainnya, kata dia, akan diterima melalui ujian tulis yang disebut dengan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri.

Sementara 10 persen sisanya, akan diterima melalui jalur mandiri, khusus untuk siswa berprestasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya