SOLOPOS.COM - Suasana ujian peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru di kampus Polines, Tembalang, Semarang, Minggu (5/3/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Polines)

Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 relatif meningkat

Harianjogja.com, SLEMAN – Minat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jogja melaui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 relatif meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peningkatan itu disebabkan karena kesadaran sekolah untuk mendaftarkan siswa ke PTN juga meningkat karena lulusan yang diterima di PTN dapat menaikkan derajat sekolah.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana menjelaskan, total pendaftar ke UNY melalui jalur SNMPTN 2018 mencapai 29.386 pendaftar, sebanyak 8.605 di antaranya bidik misi. Dari angka itu terdeteksi 14.621 pendaftar memilih UNY sebagai pilihan pertama dan sisanya sebagai pilihan kedua.

Sebanyak 1.260 pendaftar menggunakan porto folio yang memilih delapan prodi terdiri atas empat prodi di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan empat prodi di Fakultas Bahasa dan Seni. Rata-rata pendaftar memasukkan berbagai porto folio kejuaraan yang diikuti untuk bidang olah raga dan seni.

“Porto folio itu capaian yang diperoleh mahasiswa terkait keahlian sesuai jurusan yang diambil, misal seni tari ya bisa menari, atau seni musik yang barangkali pernah juara,” terangnya saat ditemui Harianjogja.com di ruangannya, Rabu (7/3/2018).

Adapun prodi dengan jumlah pendaftar paling banyak adalah Manajemen dengan jumlah 4.048 dan Akuntansi sebanyak 2.914 pendaftar. Padahal untuk Prodi Manajemen yang akan diterima hanya 25 calon mahasiswa.

Kemudian ada prodi baru di UNY yaitu Statistika dengan kuota 14 calon mahasiswa namun yang mendaftar mencapai 256 calon mahasiswa. “Kalau yang pendidikan paling banyak PGSD ada 2.232, Pendidikan Bahsa Inggris dan Pendidikan Matematika juga banyak, Teknik Boga juga dan Tata Busana,” ucapnya.

Sekolah DIY yang mendaftar di UNY tertinggi Sleman tercatat 1.991 siswa dari 91 sekolah dengan paling banyak dari SMKN 1 Depok ada 78 siswa yang mendaftar, disusul Bantul 1.958 dari 69 sekolah, salah satunya dari SMKN 1 Bantul yang mencapai 132 siswa yang mendaftar, kemudian Kota Jogja ada 1638 siswa yang mendaftar dari 62 sekolah.

“Gunungkidul dan Kulonprogo yang termasuk paling sedikit mendaftar, mungkin karena jumlah sekolah lebih banyak di tiga kabupaten/kota lainnya di DIY ini,” ujar dia.

Margana memastikan, ada 34 provinsi yang mendaftar di UNY dengan paling banyak dari Jawa Tengah dengan angka 9.192 pendaftar dari 1.061 sekolah, disusul DIY 6.976 pendaftar dari 307 sekolah. Selain itu ada dari luar negeri Malaysia tujuh pendaftar dari dua sekolah dan Saudi Arabia enam pendaftar dari dua sekolah.

Ia menambahkan, jumlah pendaftar itu naik lebih dari 3.700 pendaftar dibandingkan tahun 2017. Adapun jumlah yang akan diterima melalui jalur ini adalah 1.648 kursi.

Sedangkan di UPN Veteran Jogja, tercatat ada 13.957 pendaftar dengan rincian 8.099 memilih UPN sebagai pilihan pertama dan 5.858 sebagai pilihan kedua. Dari angka itu, ada 1.991 program bidikmisi.

Senada dengan UNY, UPN juga mengalami peningkatan jumlah pendaftar mencapai 1.223. “Peminat 2017 ada 12.734 calon mahasiswa, sehingga ada peningkatan peminat di 2018 ini,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Jogja Irhas Efendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya