SOLOPOS.COM - Francisco

Francisco Guterres (google img)

DILI–Francisco “Lu Olo” Guterres unggul sementara dalam hasil penghitungan awal pemungutan suara pemilu presiden Timor Leste, Minggu (18/3/2012). Sementara calon incumbent, Jose Ramos-Horta, hanya menempati posisi ketiga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam siaran langsung penghitungan suara, wakil oposisi Partai Fretilin tersebut unggul 28 persen dengan 411.353 suara, dari total sekitar 65 persen jumlah surat suara yang dihitung. Di posisi kedua, ada mantan pemimpin gerilya Taur Matan Ruak dengan 25 persen suara, disusul peraih hadiah Nobel Perdamaian Ramos-Horta dengan 18 persen suara.

Pada pemilu 2007, Ramos-Horta yang tertinggal di putaran pertama dari Guterres, berhasil meraih kemenangan dengan 69 persen pada putaran kedua. Hasil penghitungan pemungutan suara yang telah digelar pada Sabtu (17/3/2012), diperkirakan baru selesai akhir pekan ini.

Selain karena surat suara masih dihitung secara manual, beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di daerah terpencil mempunyai komunikasi sangat butuh sehingga memperlambat proses penghitungan suara nasional. Dengan 12 kandidat presiden yang bertarung, sejumlah kalangan ragu ada calon yang akan menang mutlak.

Ermenegildo Lopes, pemimpin aliansi Bloku Ploklamador yang mempunyai lima kursi dari 65 kursi di parlemen, mengatakan, tak akan ada calon yang meraih suara mutlak danmenghindarai pemilu putaran kedua. “Wakil-wakil kami di tingkat kabupaten menunjukkan suara dibagi. Dengan 12 kandidat, akan sangat sulit bagi salah satu darimereka mendapat suara mayoritas lebih dari 50 persen,” ujarnya seperti dilansir yahoonews.

Pemilu putaran kedua akan diadakan dalam waktu dua pekan jika tidak ada pemenang dengan suara mutlak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya