Tutup Iklan

PEMILU SRAGEN 2015 : Mayoritas PPK & PPS Wajah Baru

PEMILU SRAGEN 2015 : Mayoritas PPK & PPS Wajah Baru

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pemilu Sragen 2015 semakin dekat. PPK dan PSS pun telah terbentuk.

Solopos.com, SRAGEN – Setelah melalui tahap penjaringan, panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 20 wilayah kecamatan di Bumi Sukowati akhirnya terbentuk.

Masing-masing kecamatan terdiri atas lima personel PPK yang akan dibantu anggota staf sekretariat. Penjelasan tersebut disampaikan Ketua KPU Sragen, Ngatmin Abbas saat dihubungi Solopos.com melalui telepon seluler, Sabtu (16/5/2015).

Dia menjamin 100 PPK terpilih profesional dan kompeten dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi mereka, kendati sebagian besar PPK terpilih adalah wajah baru. "Mereka yang terpilih adalah yang terbaik, pasti bisa," kata dia.

Abbas menjelaskan 100 PPK terpilih dilantik pada Senin (18/5/2015) pagi. Setelah pelantikan, KPU tinggal fokus pada tahapan lain pilkada.

Di sisi lain menurut Abbas panitia pemilihan suara (PPS) di 208 desa dan kelurahan juga sudah terbentuk. Masing-masing desa/kelurahan diampu tiga personel PPS.

Sebelumnya, KPU telah melayangkan surat kepada pemerintah desa/kelurahan untuk mengajukan sedikitnya enam nama. Surat dilayangkan melalui camat di masing-masing wilayah. Dari enam orang yang diusulkan, KPU mengerucutkan menjadi tiga orang.

Sedangkan Komisioner KPU Sragen Bidang Hukum Pencalonan Pengawasan dan Kampanye, Diyah Nur Widowati, mengatakan perekrutan PPK dan PPS melalui tahapan seleksi syarat administrasi, tes tertulis, dan wawancara.

Dia menyatakan tidak ada intervensi pihak mana pun dalam proses tersebut. Sembari merekrut PPK dan PPS, menurut Diyah, KPU Sragen menyosialisasikan agenda pilkada kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar lomba cipta maskot dan jingle pilkada.

Babak final lomba cipta jingle digelar Rabu (13/5/2015). Para finalis diminta memaparkan keunggulan dan konten jingle ciptaan mereka. Akhirnya tim juri yang digandeng KPU memutuskan Shodik Wardoyo dari Jogja tampil sebagai juara I.

Jingle ciptaan Shodik dinilai menarik dan mempunyai muatan lokal Sragen. Dia berhak atas hadiah uang sebesar Rp6,5 juta.Komisioner KPU Sragen, Dodok Sartono, menjamin penilaian dilakukan secara objektif. Ada beberapa parameter penilaian oleh tim juri.

Sementara itu, tampil sebagai juara II yaitu Agus Wahyudi, juara III Henrico Seno Putro, dan juara harapan Kefas S.P. Shodik dan Agus berasal dari Jogja, sedangkan Henrico dari Surabaya.

Rencananya, Senin, KPU Sragen menggelar launching jingle Pilkada Sragen 2015. Sementara untuk final lomba maskot telah berlangsung, Jumat (15/5/2015) mulai pukul 13.00 WIB. 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.