SOLOPOS.COM - Ketua KPU Sragen Minarso (tiga dari kiri) bersama para pimpinan stakeholders saat melaihat peluncuran hari pemunguatan suara oleh KPU RI di Aula KPU Sragen, Selasa (14/2/2022) malam. (Istimewa/Minarso)

Solopos.com, SRAGEN — Kabupaten Sragen akan menyelenggarakan lima jenis pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

Lima jenis pemilu 2024 itu, pemilihan kepada daerah (Pilkada) Bupati/Wakil Bupati Sragen dan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah pada 27 November 2024. Pemilu lainnya yakni presiden/wakil presiden, pemilihan umum legislatif terdiri dari anggota DPR RI/DPRD Jawa Tengah/DPRD Kabupaten Sragen, terakhir pemilu DPD.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Baca Juga : Pileg 2024, PDIP Wonogiri Pasang Target Tinggi

Ketua KPU Sragen Minarso saat dihubungi Solopos.com, Rabu (16/2/2022), menyampaikan KPU mengumumkan itu saat peluncuran hari Pemilu Serentak 2024, pada Senin (14/2/2022). Dalam peluncuran tersebut, KPU mengundang bupati bersama pimpinan daerah lainnya dan 16 partai politik.

Penetapan hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 didasarkan tindak lanjut Surat KPU RI No.21/2022 tertanggal 31 Januari 2022. “Surat Keputusan KPU No.21/2022 itu menetapkan Rabu, 14 Februari 2024, menjadi hari dan tanggal pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu Serentak 2024,” jelasnya.

Baca Juga : Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 Diumumkan, KPU Solo Nonton Bareng

“Peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 itu dilaksanakan secara virtual dari Kantor KPU RI. Peluncuran dilakukan dengan mencoblos spesimen surat suara oleh pimpinan KPU,” imbuh dia.

Informasi penentuan hari pemungutan suara itu harus dipublikasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat tentang waktu dan tanggal pemungutan suara. Selain itu juga tentang lima jenis pemilu serentak pada 2024.

Baca Juga : KPU Blitar Sosialisasi Pemilu di Monumen Pemberontakan Tentara PETA

Penentuan itu juga menjadi acuan KPU dan Bawaslu, termasuk penyelenggara pemilu di luar negeri. “Pertemuan ini juga bermanfaat bagi partai politik calon peserta pemilu 2024. Dengan informasi ini parpol bisa jauh hari menyiapkan segala sesuatunya, seperti persyaratan,” katanya.

Informasi hari pemungutan pemilu serentak juga penting bagi masyarakat agar menyiapkan diri menjadi pemilih, pengeyelengara, memantau, atau menjadi peserta pemilu melalui parpol. “Kami berharap seluruh tahapan pemilu serentak tahun 2024 mendapatkan dukungan masyarakat sehingga berjalan baik dan lancar sesuai peraturan perundang-undangan berlaku dan prinsip-prinsip pemilu di Indonesia.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya