SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Nawaz Sharif hampir dipastikan memenangkan pemilu dan berpeluang besar memimpin Pakistan untuk kali ketiga setelah sebuah hasil penghitungan suara sementara menunjukkan kemenangannya dalam menguasai mayoritas kursi di parlemen.

Partai Liga Muslim Pakistan pimpinan Sharif mendominasi perolehan suara di basis pemilih Punjab pada Pemilu 11 Mei sehingga mengurangi dominasi pesaingnya hingga sepertiga dari pemilu sebelumnya. Kemenangan itu memungkinkan dirinya untuk memimpin tanpa harus menggalang mitra koalisi utama, menurut hasil sementara perolehan suara yang disiarkan Pakistan Television sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (13/52013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hasil ini merupakan kemenangan ideal dan menguntungkan bagi Sharif,” ujar analis politik yang juga seorang pensiunan, Jenderal Talat Masood dalam sebuah wawancara telepon di Islamabad kemarin.

Dia menambahkan Sharif akan membentuk pemerintahan yang kuat di tingkat pusat yang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi ekonomi dan keamanan.

Sharif, 63, akan menghadapi berbagai tantangan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara dengan jumlah penduduk Muslim kedua terbesar di dunia tersebut. Negara itu mencatat pertumbuhan ekonomi rerata 3% per tahun sejak 2008 dimana pemadaman listrik masih terjadi hingga 18 jam per hari.

Sharif, yang menguasai 127 anggota parlemen, akan mengalahkan pesaingnya, pemimpin Partai Rakyat Pakistan, President Asif Ali Zardari, yang menguasai 31 kursi di parlemen, menurut perhitungan suara yang dilakukan PTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya