SOLOPOS.COM - Partai Golkar Boyolali saat mendaftar di KPU Boyolali, Sabtu (20/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

Partai Golkar Boyolali saat mendaftar di KPU Boyolali, Sabtu (20/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

BOYOLALI — Partai Golongan Karya (Golkar) Boyolali menjadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan 45 kadernya sebagai calon anggota legislatif (caleg) dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Sabtu (20/4/2013). Penyerahan berkas persyaratan pencalonan tersebut dilaksanakan di aula KPU setempat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua DPD I Partai Golkar Boyolali, Fuadi bersama beberapa pengurus partai berlambang pohon beringin tersebut, tiba di aula KPU sekitar pukul 12.00 WIB. Berkas pencalonan diserahkan kepada Ketua KPU Boyolali, Ahmad Charir dan langsung diverifikasi untuk memastikan lengkap atau tidaknya berkas persyaratan tersebut.

“Kami mendaftarkan 100 persen, artinya kami penuhi batas maksimalnya yakni 45 orang, termasuk pemenuhan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, yaitu 13 orang,” terang Fuadi ketika ditemui Solopos.com di Aula KPU Boyolali, Sabtu.

Dijelaskan Fuadi, 45 orang yang didaftarkan sebagai caleg dalam Pileg 2014 tersebut merupakan hasil penjaringan terhadap sekitar 150 orang yang mendaftarkan diri ke Partai Golkar. Proses seleksi di internal partai tersebut berlangsung selama sekitar enam bulan.

“Dari sekitar 150 orang yang mengikuti penjaringan caleg tersebut, terseleksi 45 orang. Dan hari ini kami daftarkan ke KPU dengan menyerahkan berkas persyaratan yang ada. Jika nanti diverifikasi KPU dan ada yang kurang, tentunya kami segera melengkapinya,” ungkapnya.

Terkait perolehan kursi di DPRD Boyolali, pihaknya mentarget bisa mendapatkan 12 kursi dari total 45 kursi yang ada di DPRD Boyolali.

Sementara Ketua KPU Boyolali, Ahmad Charir mengatakan Partai Golkar merupakan parpol pertama yang mendaftarkan calegnya ke KPU Boyolali. Menyusul berkas persyaratan caleg yang telah diserahkan tersebut, lanjut dia, pihaknya akan memverifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya