SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO – Sejak pendaftaran Daftar Calon Sementara (DCS) untuk Pemilu Legislatif 2014 dibuka 9 April, hingga Kamis (18/4/2013), baru tiga partai politik (parpol) mendaftarkan calon anggota legislatif (caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo. Tiga parpol tersebut yakni PKS, PAN dan Partai Demokrat.

Sementara, pendaftaran bakal ditutup Senin (22/4/2013) mendatang. “Hingga kini baru tiga parpol yang mendaftar yakni PKS, PAN dan Demokrat. Untuk PKS berkas masih kami teliti, PAN berkasnya belum lengkap,” jelas Ketua KPU Solo, Didik Wahyudiono, Kamis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Didik mengungkapkan pihaknya hanya bisa mengimbau parpol untuk segera mendaftarkan caleg mereka ke KPU sesegera mungkin. Pihaknya berharap parpol-parpol tak mengambil pilihan mendaftarkan caleg di hari terakhir pendaftaran.

“Kami sebatas berharap saja, tidak bisa memaksa mereka untuk mendaftar. Semestinya partai sudah tahu regulasi pendaftarannya kan sudah jelas dibuka pukul 08.00 WIB-16.00 WIB,” katanya.

Diakuinya, petugas KPU bakal kerepotan jika sembilan parpol lainnya memilih mendaftarkan caleg di hari-hari terakhir. Pasalnya, proses verifikasi berkas masing-masing bakal calon untuk satu partai bisa sampai 2,5 jam.

“Jadi kalau ternyata parpol lain daftar bareng-bareng, ya kami harap kesadarannya untuk bersabar,” terangnya.

Dijelaskannya, KPU tak bakal mentoleransi parpol yang terlambat mendaftarkan caleg mereka.

“Selama belum ada perubahan, pendaftaran terakhir Senin (22/4/2013) pukul 16.00 WIB. Lebih dari itu, ya kami tidak bisa menerima,” katanya.

Selain itu, jika terdapat parpol yang memilih mendaftarkan caleg di hari terakhir, maka konsekuensinya yakni seluruh berkas harus dalam kondisi siap.

“Berkas-berkas prinsip sesuai peraturan dari KPU ya semestinya sudah siap. Kalau sampai batas waktu pendaftaran berkas itu belum siap, ya mohon maaf,” urainya.

Sementara itu, Sekretaris Partai Demokrat, Supriyanto, mengaku sudah mendaftarkan bakal caleg ke KPU, Kamis (18/4/2013). Sebanyak 34 bakal caleg mendaftar ke KPU melalui Partai Demokrat Solo guna memperebutkan 45 kursi DPRD saat Pileg 2014.

“Kuota perempuan 40%. Caleg yang kami usung masing-masing memiliki basis masa di daerah pemilihan mereka,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya