SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkades (JIBI/dok)

Solopos.com, WONOGIRI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan menggelar pemilihan kepala desa (pelkades) Tanjung, Kecamatan Bulukerto usai Pemilu Legislatis, 9 April. Pelaksanakan pilkades ulang itu dilakukan jika pemilu lancar dan aman.

Pilkades dibutuhkan agar kekosongan jabatan kepala desa (kades) tidak terlalu lama. Hingga berita ini ditulis, jabatan kades masih diisi oleh pejabat sementara. Penegasan itu disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Kabag Pemdes) Pemkab Wonogiri, Sriyono, Sabtu (1/2/2014). Sriyono saat bertemu solopos.com, berkali-kali menyatakan, pilkades di Tanjung, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri segera digelar kembali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pelaksanaan pilkades kemungkinan dibarengkan dengan desa lain yang sudah habis masa jabatan. Jika desa lain, jabatan kades belum berakhir ya di Desa Tanjung menjadi prioritas untuk digelar,” ujarnya.

Pengisian jabatan kades dilakukan karena Kepala desa terpilih, Sardi ditemukan meninggal dunia, 23 November 2013. Jenazah almarhum yang baru terpilih pada Pilkades 19 November lalu ditemukan di dekat musala desa setempat. “Ya, sekarang pejabat Kades diperpanjang agar tidak mengalami kekosongan jabatan,” ujar Sriyono saat itu.

Dia mengaku bimbang, apakah akan menggelar pilkades ulang di desa tersebut atau tidak. “Ada SE Mendagri yang berisi larangan menggelar pilkades pada 2014 karena berbarengan dengan pelaksanaan Pemilu. Semua jajaran mendagri diminta menyukseskan Pemilu. Jadi kemungkinan besar tidak digelar pilkades di tahun 2014.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya