SOLOPOS.COM - Ketua Harian DPD I Partai Golongan Karya (Golkar) Jateng Iqbal Wibisono. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Pemilu 2019 dikritik politikus Partai Golkar Jateng tak lagi adil karena tak lagi menerapkan sistem bilangan pembagi pemilih (BPP).

Semarangpos.com SEMARANG — Ketua Harian DPD I Partai Golkar Jawa Tengah Iqbal Wibisono mengkritik sistem pemilihan umum (pemilu) legislatif yang dianggap tak lagi adil. Menurut dia, penetapan calon terpilih atau kursi legislatif berdasarkan bilangan pembagi pemilih (BPP) dengan daerah pemilihannya adalah provinsi lebih adil karena jumlah suaranya sama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sistem pemilihan umum pada tahun 1999 lebih adil daripada Pemilu 2014 maupun Pemilu 2019,” kata Iqbal Wibisono ketika menjawab pertanyaan Kantor Berita Antara di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/3/2018) pagi.

Ia lantas mencontohkan hasil Pemilu 2014 di Daerah Pemilihan Jawa Tengah III jumlah suara Partai Golkar meraih sebanyak 301.851 suara hanya memperoleh satu kursi DPR. Sementara itu, PDI Perjuangan sebanyak 392.472 suara meraih dua kursi, atau satu kursi sebanyak 196.236 suara. Bahkan, PKS yang meraih 123.354 suara mendapatkan satu kursi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jelas tidak adil karena parpol yang meraih suara kurang dari separuh suara Partai Golkar sama-sama mendapatkan satu kursi,” ucapnya.

Oleh karena itu, dia mengusulkan pada pemilu berikutnya menerapkan sistem seperti Pemilu 1999. Dengan demikian, penentuan calon terpilih di suatu provinsi berpedoman pada suara parpol dibagi BPP.

Sebelumnya, Ketua DPW PKS Jawa Tengah mengatakan bahwa metode konversi suara sainte lague pada pemilihan umum anggota DPR dan DPRD 2019 cenderung menguntungkan partai besar. Berdasarkan data Pemilu 2014, PKS meraih empat kursi DPR di empat daerah pemilihan, yakni di Dapil 3 Jateng (Grobogan, Blora, Rembang, dan Pati) meraih satu dari sembilan kursi DPR; Dapil 4 (Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen) mampu merebut satu dari tujuh kursi; dan Dapil 5 (Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Solo) meraih satu dari delapan kursi. Satu kursi lagi dari Dapil 9 (Brebes, Tegal, dan Kota Tegal), PKS meraih sebanyak 109.527 suara berhasil menjadikan Fikri Faqih sebagai anggota DPR periode 2014-2019.

Wartawan Antara kemudian melakukan simulasi dengan menggunakan metode sainte lague, atau sesuai dengan ketentuan di dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 415 ayat (2) dan Pasal 420. Pada Pemilu 2014 yang masih menggunakan bilangan pembagi pemilihan (BPP) bagi kursi DPR, PKS di Dapil 5 Jateng meraih 120.918 suara berhasil menempatkan H. Abdul Kharis Almasyhari sebagai anggota DPR. Sementara itu, PDIP yang memperoleh 861.673 suara berhasil mengantarkan tiga kadernya (Puan Maharani, Aria Bima, dan Rahmad Handoyo) ke Senayan. Namun, bila menggunakan metode sainte lague, PDI Perjuangan bertambah satu kursi menjadi empat kursi DPR.

Pada Pemilu 2014, calon anggota DPR dari PDI Perjuangan Darmawan Prasodjo meraih 33.074 suara, atau berada di urutan keempat setelah Rahmad Handoyo (urutan ketiga), Aria Bima (urutan kedua), dan Puan Maharani (urutan pertama). Sebaliknya, PKS di Dapil 5 Jateng kehilangan satu kursi apabila pada Pemilu 2014 menggunakan metode sainte lague.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Solopos Hari Ini : Wali Kota Solo Butuh ”Dekengan Pusat”

Solopos Hari Ini : Wali Kota Solo Butuh ”Dekengan Pusat”
author
Rohmah Ermawati Jumat, 19 April 2024 - 07:53 WIB
share
SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (19/4/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang pemimpin Kota Solo yang akan datang harus memiliki koneksi dengan pemerintah pusat atau jika diistilahkan dengan salah satu istilah yang populer saat ini butuh “dekengan pusat” diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (19/4/2024).

Seperti diberitakan Solopos hari ini, Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) So­lo, Respati Ardi, mengatakan kede­katan dengan pusat akan membuat Kota Solo bisa dipromosikan di ting­kat nasional maupun internasional. Sehingga, pertumbuhan Solo bisa melenting tinggi, tidak hanya berjalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Wali Kota Solo nanti harus mem­pu­nyai koneksi di nasional, dan wakil­nya bisa mengerti sistem birokrasi di pemerintahan kota beserta jajaran­nya. Sebuah kolaborasi yang cantik,” urai dia. Hal ini sesuai harapan lainnya yaitu antara wali kota dan wakil wa­li kota harus bisa bekerja sama agar akselerasi pembangunan kota bisa berjalan secara maksimal.

Respati menilai usia wali kota dan wakil wali kota tidak menjadi masalah. “Sosoknya tua atau muda tidak menjadi masalah,” tandas dia. Respati juga menunjukkan sejum­lah prioritas pembangunan Solo yang masih berjalan. Titik-titik priori­tas pembangunan tersebut harus bisa dilanjutkan pemimpin Solo ke depan­nya.

Koran Solopos

Tokoh masyarakat Kota Solo, Su­martono Hadinoto, juga memberikan pesan mendalam terkait kontestasi Pilkada 2024, utamanya bagi para cawali-cawawali. “Harapan utama saya, kalau mau jadi pemimpin Solo, harus siap melayani. Kita butuh pe­layannya Wong Solo. Karena na­ma­nya menjadi wali kota, wawali dan pejabat yang lain itu tugasnya me­layani masyarakat, bukan untuk dilayani,” ujar dia, Kamis.

Perempuan Berkarya Mendobrak Stigma

Bicara soal kiprah pe­rem­­puan, hingga kini aneka stigma dan isu so­al peran ganda perempuan ter­nyata masih menjadi tantangan. Tantangan perempuan salah sa­tunya tercermin dalam laporan World Economic Forum (WEF) dalam Global Gender Gap Report 2023. Global Gender Gap Index Indeks (GGGI) atau Kesenjangan Gender Global Indonesia tercatat sebesar 0,697 poin pada 2023.

Angka 1 menunjukkan indikator keseimbangan. Indonesia berada di peringkat 87 dari 146 negara di dunia. Namun toh semua batasan itu bisa didobrak demi menghadirkan terobosan baru, seperti diung­­kap­kan enam perempuan inspira­tif yang menjadi narasumber talkshow spesial Hari Kartini 2024 yang digelar Solopos Media Group (SMG) bersama Alila So­lo dan didukung Pegadaian.

Emagazine Solopos

Aca­ra bertema Inspiring Women: Berkarya Menembus Batas tersebut berlangsung di Ballroom 2 Hotel Alila Solo, Kamis (18/4/2024). Dalam kesempatan itu, Ketua DPD Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia (Perpina) Jateng, Endang Tri K. Sukarso, S.E., M.M., menguraikan pen­­duduk Indonesia saat ini di­dominasi laki-laki. ”Justru tan­tangannya di sini, kita harus mem­buat satu terobosan bu­kan batasan, tetapi harus menem­bus batas,” kata Endang.

Impor Dibatasi, Stok Terigu Terancam

JAKARTA–Kebijakan larangan dan pembatasan (lartas) impor yang diberlakukan pemerintah melalui Permendag No. 36/2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor dinilai akan mengancam keamanan stok tepung terigu lantaran prosedur impor bahan baku yang rumit. Terganggunya stok tepung terigu akan memengaruhi banyak pelaku UMKM yang mengandalkan dagangan makanan berbasis tepung terigu.

Asosiasi Produsen Terigu Indonesia (Aptindo) mengungkap kebijakan tersebut berdampak pada keterbatasan industri dalam mengimpor premiks fortifikan sebagai bahan pengayaan zat gizi pada produk pangan, termasuk tepung terigu.

Interaktif Solopos

Ketua Umum Aptindo Franciscus Welirang mengatakan stok premiks fortifikan dari setiap anggota industri terigu nasional semakin menipis atau hanya cukup untuk April-Juni 2024. “Pemerintah harus dan perlu segera membuatkan aturan baru atau pengecualian khusus terkait impor premiks fortifikan untuk tepung terigu. Itu karena stok sudah sangat menipis. Bahkan ada yang sudah habis bulan April ini,” kata pria yang akrab disapa Franky, dikutip Rabu (17/4/2024).

Red Sparks Berkunjung, Semua Untung

Gairah bola voli Indonesia, khususnya di sektor putri, sedang bergelora setelah kiprah Megawati Hangestri Pertiwi di Liga Voli Putri Korea musim lalu sangat cemerlang. Gairah tersebut kian tinggi ketika tim yang dibela Megawati musim lalu, Jung Kwan Jang Red Sparks, hadir di Jakarta memenuhi undangan Kemenpora untuk menjalani laga uji coba melawan timnas putri Indonesia.

Ketika tim Red Sparks datang dan menyapa para penggemar di Indonesia, Selasa (16/4/2024), banyak warga Indonesia yang tidak sabar menantikan game tersebut. Pelatih Red Sparks, Ko Hee-jin mengatakan sudah menyiapkan tim secara serius, termasuk membawa skuad inti.



”Kami terus berlatih keras untuk pertandingan nanti dan menjalaninya dengan hati yang senang,” ucap Ko Hee-jin. Sehari setelah tiba di Indonesia, Red Sparks langsung menjalani sesi latihan di GOR Indonesia. Cuaca panas menyengat di Jakarta membuat skuat Red Sparks harus basah kuyub oleh keringat. Mereka bahkan harus sering mengompres tubuh dengan es batu dalam kantong plastik dan banyak minum selama sesi latihan tersebut.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (19/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Alasan Kenapa Harus Bermain Roblox dan Ketahui Tips Memainkan Roblox

Alasan Kenapa Harus Bermain Roblox dan Ketahui Tips Memainkan Roblox
author
Anik Sulistyawati Jumat, 19 April 2024 - 07:48 WIB
share
SOLOPOS.COM - Roblox menjadi salah satu platform game online yang selalu dimainkan oleh para gamers berbagai kalangan.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Roblox menjadi salah satu platform game online yang selalu dimainkan oleh para gamers di berbagai kalangan. Melalui Roblox Universe Itemku, kamu bisa melakukan top up Robux untuk mendapatkan pengalaman bermain Roblox yang lebih menyenangkan.

Mengapa saat ini Roblox sangat populer dan banyak dimainkan anak muda? Ketahui alasan kenapa kamu harus bermain Roblox dan bagaimana tips memainkan Roblox agar seru dan menyenangkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Alasan Harus Bermain Roblox

Bagi para gamers, pasti sudah tidak asing lagi dengan platform Roblox. Ya, Roblox memang sangat populer karena menyuguhkan jutaan jenis game yang seru untuk dimainkan baik sendirian atau bersama teman. Di bawah ini merupakan deretan alasan kenapa kamu harus main Roblox.

Koran Solopos

1.Mudah Dimainkan

Apabila ingin memainkan Roblox, kamu hanya perlu mengunduh satu aplikasi atau mengunjungi situs resmi Roblox. Kemudian, buat akun dan game bisa langsung dimainkan secara gratis. Tetapi, jika ingin akun kamu terverifikasi, kamu harus mendaftarkan email aktif.

Game Roblox mudah dimainkan untuk berbagai kalangan usia termasuk anak-anak. Hanya saja, kamu perlu memilah kembali jenis permainan apa yang sekiranya aman dan cocok dimainkan oleh anak-anak.

2. Ada Banyak Pilihan

Terdapat lebih dari 40 juta game di Roblox. Game-game tersebut dibangun dalam program desain yang disebut Roblox Studio. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan gender, hobi, dan usia pengguna

Sebagai contoh, game Work at a Pizza Place yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengelola restoran Pizza. Atau ada juga Jailbreak, yaitu game Roblox yang mengusung konsep role playing yang menjadikan pemainnya sebagai polisi atau penjahat.

3.Bisa Dimainkan di Berbagai Platform

Roblox bisa dimainkan di berbagai platform. Kamu bisa memasang game Roblox di handphone baik itu android atau iOS, lalu bisa juga memasangnya di PC seperti Windows, Mac OS X, Xbox One, atau di perangkat virtual seperti HTC Vive dan Oculus Rift.

Selain itu, game ini juga secara gratis bisa kamu mainkan sepuasnya. Jika ingin mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih dalam dan penunjang yang mumpuni, kamu harus melakukan top up Robux terlebih dahulu.

Emagazine Solopos

4.Melatih Bahasa dan Memperluas Pertemanan

Para pengguna Roblox kebanyakan adalah anak-anak dan remaja. Terdapat lebih dari 150 juta anak yang bermain Roblox sudah merasakan serunya bermain Roblox. Anak-anak atau remaja yang bermain Roblox diketahui mereka dapat saling berbicara dengan pemain lain di seluruh dunia.

Hal tersebut membuktikan bahwa mereka mampu memperluas lingkup pertemanan dengan menjalin hubungan dan komunikasi yang baik satu sama lain. Selain itu, dengan bertambahnya teman dari luar negeri atau daerah, mereka biasanya memiliki kosa kata baru yang menambah kemampuan berbahasa.

5.Menambah Kreativitas

Aplikasi Roblox juga diketahui dapat menambah kreativitas bagi para penggunanya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk bisa menyusun cerita mereka sendiri. Ketika kamu membuka game di dalam Roblox, kamu bisa masuk ke lingkungan yang terbuka.

Di sanalah kamu bisa mulai membangun struktur serta objek lain di studio Roblox. Kamu bisa berkreasi sesuka hari bagaimana cara membuat game, mengatur strategi dalam game, dan juga membuat cerita dan konsep permainan yang dibuat.

6.Mempelajari Coding dan Programming

Coding dan programming merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan dan biasanya hanya dilakukan oleh orang-orang profesional. Namun, hal ini bisa dilatih jika kamu bermain Roblox.

Alasan kenapa bermain Roblox bisa sekaligus mempelajari coding dan programming ialah aplikasi ini dirancang dengan mempertimbangkan pengkodean. Namun, Roblox muncul dengan bahasa pengkodean yang sederhana dan terkenal dengan Lua.
Bahasa tersebut ada di studio Roblox, tempat yang biasa para pemain gunakan untuk merancang game, mengatur strategi dan konsep game, atau dengan lingkungan beserta objeknya sendiri.

Tips Bermain Roblox

Roblox adalah platform game yang sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja. Bermain Roblox dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik. Berikut adalah beberapa tips untuk bermain Roblox dengan baik.

Interaktif Solopos

Pertama, luangkan waktu untuk memahami aturan dan fitur-fitur dalam permainan. Roblox memiliki banyak game yang berbeda, jadi pastikan Anda memahami cara bermain setiap game sebelum memulainya.

Selanjutnya, jangan ragu untuk berinteraksi dengan komunitas Roblox. Bergabunglah dengan grup atau forum yang berkaitan dengan game yang kamu mainkan. Kamu dapat bertukar tips dan trik dengan pemain lain, serta membangun persahabatan baru. Ingatlah untuk selalu berperilaku sopan dan menghormati pemain lain.

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga keamanan dan privasi kamu saat bermain Roblox. Jangan memberikan informasi pribadi kepada orang yang tidak kenal walaupun sudah kenal melalui komunitas. Laporkan segala tindakan mencurigakan kepada tim pengembang Roblox.

Jika kamu mengikuti tips bermain Roblox tersebut, kamu bisa menikmati pengalaman bermain game Roblox yang aman dan menyenangkan.

Dari penjelasan di atas, kini kamu tidak perlu ragu lagi untuk bermain Roblox. Roblox menjadi salah satu aplikasi game online yang aman dan legal dimainkan. Untuk top up Robux, kamu bisa melakukannya di Itemku.com.

 

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Beri Dukungan Surat Megawati, PDI Perjuangan Jateng Ziarah ke Makam RA Kartini

Beri Dukungan Surat Megawati, PDI Perjuangan Jateng Ziarah ke Makam RA Kartini
author
Anik Sulistyawati Jumat, 19 April 2024 - 07:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Jajaran DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah dan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rembang melakukan ziarah ke Makam RA Kartini di Rembang, Kamis (18/4/2024).(Istimewa)

Solopos.com, REMBANG – Jajaran DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah dan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rembang melakukan ziarah ke Makam RA Kartini di Rembang, Kamis (18/4/2024).

Ziarah tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap Surat Amicus Curiae atau sahabat pengadilan yang disampaikan KetuUmum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Surat tersebut Megawati sampaikan menjelang ketuk palu putusan sengketa Pilpres pada Senin, 22 April 2024 mendatang. Beberapa tokoh turut dalam ziarah tersebut. Di antaranya Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Denny Nurcahyanto, Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri, Anggota Komisi E DPRD Jateng Endro Dwi Cahyono.

Selain itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jepara, Andang Wahyu Triyanto dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Rembang Widodo juga turut dalam ziarah tersebut.

Koran Solopos

Seusai berziarah, Denny Nurcahyanto mengungkap ziarah itu sebagai simbol dukungan terhadap surat Megawati sekaligus menjelang peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April.

“Dalam Surat Amicus Curiae Bu Mega ke MK ada kutipan Habis Gelap Terbitlah Terang yang merupakan kumpulan surat RA Kartini. Hari ini kita ziarah ke Makam RA Kartini untuk memberi dukungan dan berharap MK memberi putusan terbaik untuk kelangsungan demokrasi di Indonesia,” ujar Denny dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, pihaknya berharap putusan sengketa Pilpres 2024 mampu menguatkan demokrasi yang sudah bangsa Indonesia perjuangkan sejak dulu. Pihaknya tak ingin MK memberikan putusan yang menciderai demokrasi sehingga akan diingat terus oleh generasi ke depan.

Emagazine Solopos

“Sehingga seperti dikatakan Ibu Megawati, kita semua mendoakan agar ketuk palu MK bukan merupakan palu godam, melainkan palu emas yang mencerahkan,” terangnya.

Sementara itu, juru kunci Makam RA Kartini, Wartono mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi kehadiran jajaran PDI Perjuangan Jawa Tengah dan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rembang. Wartono mengaku senang dapat menyambut kehadiran kader partai banteng tersebut.

“Kami sangat merasa senang atas kunjungan beliau. Semoga kunjungan beliau membawa berkah barokah bagi kita semua ini,” papar Wartono.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories