SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo hadir di Kongres Partai Demokrat, Surabaya, Selasa (12/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Zabur karuru)

Pemilu 2019, Partai Demokrat menargetkan raih 27 kursi di DPRD Jateng.

Solopos.com, KARANGANYAR–Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mulai memanasi mesin partai untuk menyongsong agenda politik Pilkada Serentak, dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menargetkan 27 kursi DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Pileg 2019. Angka tersebut naik tiga kali lipat dari kursi saat ini.

Sedangkan untuk Pilkada serentak 2017, Partai Demokrat menargetkan kemenangan 35 persen. Pilkada yang akan digelar sekitar bulan Februari 2017 itu dihelat di 101 kabupaten/kota.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekjen DPP Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, saat memberikan pidato politiknya di hadapan pengurus DPC Partai Demokrat se-Jateng, Rabu (27/7/2016).

“Ketua umum kita menargetkan kemenangan 35 persen dalam Pilkada 2017. Bila di Jateng ada tujuh daerah yang menggelar Pilkada, berarti setidaknya harus menang di tiga daerah,” ujar dia.

Pengurus DPP Partai Demokrat akan terjun langsung mendampingi DPD dan DPC dalam upaya pemenangan pilkada. DPC yang tak ada agenda pilkada harus memberikan dukungan penuh.

“DPP akan terjun langsung mendampingi DPD dan DPC untuk perang di daerah. Tujuh pilkada di Jateng harus semua menang, tidak boleh tidak. Yang tidak ada pilkada harus ikut turun,” imbuh dia.

Hinca meminta seluruh pengurus dan kader Partai Demokrat bekerja keras dan bersikap optimistis. Dia mencontohkan raihan positif Partai Demokrat dalam Pilkada serentak 2015.

Partai Demokrat meraih kemenangan di 42 persen daerah yang menggelar pilkada. “Dari 269 daerah yang gelar pilkada, target kita 30 persen. Alhamdulillah bisa 42 persen,” tambah dia.

Sedangkan Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, mengatakan Jateng merupakan provinsi yang sangat strategis di Tanah Air.

Untuk memenangi Pileg 2019, menurut dia, Partai Demokrat harus menguasai Pulau Jawa. “Jateng provinsi yang sangat strategis bersama Jatim, Jabar, dan provinsi lain di Jawa,” kata dia.

Ibas, panggilan akrab dia, mengatakan target DPP yang disampaikan dalam Kongres di Surabaya lalu, sudah sangat jelas. “Menang ya menang, tidak boleh setengah menang,” imbuh dia.

Ibas menginstruksikan pengurus dan kader Partai Demokrat giat menggelar kegiatan sosial. Setiap kader dan pengurus partai harus bisa memberikan kontribusi positif bagi warga.

Capaian Partai Demokrat dalam Pilkada 2015 menjadi bahan evaluasi. Dari 21 kabupaten/kota di Jateng yang menggelar pilkada ketika itu, Partai Demokrat hanya menang di empat daerah.

“Tidak ada kata lain selain menang. Kita tidak boleh main-main. Apalagi Ketua DPD Partai Demokrat Jateng sudah dipimpin langsung Pak Pramono Edhie Wibowo,” sambung Ibas.

Putra dari SBY itu mengatakan pemilihan kader yang tepat untuk maju pilkada merupakan faktor penting. Saat calon sudah ditentukan, seluruh kader harus memberikan dukungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya