SOLOPOS.COM - Acara uji publik penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Bantul dalam Pemilu serentak 2019 di Hotel Grand Dafam Rohan, Kamis (8/2/2018). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja)

Jelang pemilu legislatif, DPC Gerindra Bantul sudah memenuhi kuota pendaftar untuk bakal caleg di semua dapil

Harianjogja.com, BANTUL-Jelang pemilu legislatif, DPC Gerindra Bantul sudah memenuhi kuota pendaftar untuk bakal caleg di semua dapil. Namun, partai ini masih menunggu adanya mekanisme penjaringan bakal caleg yang diinstruksikan oleh DPP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwin Putu Arta mengatakan sebenarnya belum membuka pendaftaraan resmi untuk bakal caleg. Namun, sudah ada sejumlah tokoh baik kader internal maupun eksternal yang datang untuk sekedar komunikasi awal.

Ekspedisi Mudik 2024

“Belum kita buka tapi sudah mulai ajukan pendaftaran jadi kita terima saja meskipun nanti ada mekanismenya sendiri,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (27/3/2018).

Para pendaftar tersebut disebutkan sudah memenuhi kuota di hampir semua dapil yang berjumlah delapan orang. Bahkan, beberapa dapil sudah memiliki pendaftar hingga 12-14 orang.

Tingginya peminat ini disikapi positif oleh internal partai karena dinilai akan menghasilkan kompetisi internal yang baik sampai akhirnya menghasilkan calon legislator yang handal bagi masyarakat.

Hanya saja, para pendaftar ini harus tetap menjalani seleksi sesuai dengan mekanisme yang diatur oleg DPP partai berlambang burung garuda ini nanti. Hanya saja, arahan tersebut diperkirakan baru akan disampaikan oleh DPP partai ini pada pertengahan April nanti. Sampai pada saat itu, partai masih membuka kesempatan bagi siapapun untuk ikut mengajukan diri sebagai bakal caleg.

Sebagian pendaftar, tambah Darwin, merupakan tokoh yang sudah banyak berperang dalam masyarakat. Namun, banyak pula wajah baru dan berusia muda yang mengajukan diri menjadi bakal caleg partai ini.

Ditegaskan pula jika pendafatran bakal caleg ini benar-benar tanpa pungutan biaya. Calon pendaftar hanya diminta mengisi formulir, memiliki KTA, riwayat hidup, dan berijazah minimal SMA.

DPC Gerindra Bantul sendiri memprioritaskan penjaringan bakal caleg bagi kader internalnya yang selama ini sudah berperan dalam kegiatan partai. Hanya saja, kemungkinan bagi non kader juga tetap dibuka selama memiliki kepedulian yang sejalan dengan Gerindra. Adapum, partai ini sendiri menargetkan raihan 10 kursi dalam pemilu wakil rakyat mendatang itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya