SOLOPOS.COM - Akademisi Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono. (www.teguhyuwonoundip.com)

Pemilu 2019 menurut akademisi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mestinya menjadi kesempatan masyarakat memilih kembali legislator berkomitmen kerakyatan.

Semarangpos.com SEMARANG — Akademisi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Teguh Yuwono mengajak masyarakat menjadikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sebagai kesempatan memilih kembali legislator berkomitmen kerakyatan.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Ketua Program Magister Ilmu Politik FISIP Universitas Diponegoro Semarang itu menyatakan ajakan tersebut ketika menjawab apakah rakyat perlu memilih kembali anggota legislatif yang peduli terhadap korban bencana alam dengan memberi bantuan. “Sebetulnya itu kekeliruannya,” ujar Teguh Yuwono menjawab Kantor Berita Antara, Sabtu (10/3/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, kalau urusan rakyat, mestinya kepedulian legislator itu memakai uang rakyat lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Alumnus Flinders University Australia itu berpendapat bahwa apabila menggunakan uang calon anggota legislatif, maka sudah bisa dianggap suap politik.

Anggota DPR atau DPRD yang layak dipilih kembali, lanjut Teguh, adalah mereka yang terbukti mengalokasi APBD/APBN untuk rakyat. “Wakil rakyat seperti itulah yang punya komitmen kerakyatan tinggi. Nah, yang seperti inilah yang dipilih kembali,” kata Teguh.

Menjawab pertanyaan yang sama, Ketua Harian DPD I Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah Iqbal Wibisono mengatakan bahwa wakil rakyat harus pandai-pandai mendengarkan, melihat, dan menghayati apa yang disampaikan, apa yang terjadi dan apa yang dialami oleh rakyatnya untuk disampaikan ke pemerintah sehingga dapat menjadi program pembangunan. “Jadi, rakyat tidak hanya diberdayakan atau didatangi menjelang pemilu,” kata Iqbal yang pernah sebagai Ketua Komisi E yang membidang Kesra di DPRD Jateng itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya