PEMILU 2014 SUKOHARJO : Timses Suro Jogo Desak Hitung Ulang Suara

 Sejumlah anggota tim sukses dari salah satu caleg mencocokkan data dengan KPU di kantor KPU Sukoharjo, Sabtu (19/4/2014).(JIBI/Solopos/Iskandar)

SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota tim sukses dari salah satu caleg mencocokkan data dengan KPU di kantor KPU Sukoharjo, Sabtu (19/4/2014).(JIBI/Solopos/Iskandar)

Solopos.com, SUKOHARJO--Sejumlah anggota tim sukses (timses) calon anggota dewan perwakilan daerah (DPD) asal Jateng, Suro Jogo mendesak KPU menghitung ulang perolehan suara Akhmad Muwowam. Karena mereka menduga terjadi kesalahan hitung sehingga suaranya menggelembung lebih banyak 10 dari data yang dimilikinya.

“Dalam formulir D1 yang saya punyai suara Pak Akhmad Muqowam itu 83. Tetapi dari data yang dipunyai KPU jumlah perolehan suara Pak Muqowam kok 93 atau lebih banyak 10? Karena itu saya minta ada penghitungan ulang,” ujar koordinator timses Suro Jogo, Menggo Sutarto ketika ditemui wartawan seusai protes ke KPU di kantor KPU Sukoharjo, Sabtu (19/4/2014).

Yang aneh lagi, papar dia, ketika plano yang sudah dikirim ke KPU dibuka ternyata kosong alias tak ada data. Padahal, ujar dia, plano itu telah ditandatangani sehingga seharusnya tidak ada masalah.

Dia menjelaskan permintaan penghitungan ulang itu hanya untuk mencari kebenaran materiil. Karena apa pun hasilnya tak akan memengaruhi perolehan suara jagonya Suro Jogo. Namun hingga berita ini diturunkan pukul 20.00 WIB penghitungan ulang di KPU belum dilakukan.

Sementara itu salah seorang anggota Panwas Sukoharjo, Cecep Choirul Sholeh mengatakan hampir tidak mungkin melakukan penghitungan ulang. Karena selain menguras tanaga dan waktu, data yang dipunyainya juga sama dengan KPU.

“Menurut saya tidak ada manipulasi data dalam persoalan ini. Mungkin karena SDM PPK-nya saja, ini saya kira hanya human error. Kalau soal penghitungan ulang nanti saya rapatkan dulu, tapi kayaknya berat,” kata dia.

Menyinggung soal kosongnya plano, Cecep mengatakan dalam hal ini PPK belum sempat mencatat di plano. Dia menjelaskan ketika itu penghitungan sampai larut malam.

Karena para petugas kelelahan, penghitungan ditunda dan dilannutkan pagi hari. “Tapi ketika itu ternyata banyak saksi yang tidak dating sehingga terjadi kosong itu,” kata Cecep.

Sedangkan Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto mengatakan dalam pleno penghitungan suara ini pihaknya terbuka. Artinya jika ada ketidaksinkronan antara satu pihak dengan pihak lainnya agar diselesaikan secepatnya tanpa harus ditunda dan tidak ditutup-tutupi.

“Esensinya pleno ini masing-masing saksi, panwas dan sebagainya agar memberi masukan agar suasananya hidup. Jadi kalau ada selisih angka ya langsung kita benahi bersama. Sehingga seua pihak mengetahui bahwa rekap di kabupaten itu dalam rangka mencari kebenaran dari hasil rekapitulasi di kecamatan,” ujar dia.

Oleh sebab itu pihaknya berharap semua pihak legawa. Sehigga bagi yang belum meperoleh kursi legawa dan bagi yang mendapatkan kursi segera koordinasi dengan partainya untuk melaksanakan tugas dengan baik.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.

RSUD Sragen Kini Punya Generator Oksigen Mandiri, Nilainya Rp6,4 Miliar

RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen kini memiliki generator oksigen secara mandiri yang dipasang dengan anggaran senilai Rp6,4 miliar.

Evakuasi Tenaga Kesehatan Korban Penyerangan KKB di Pegunungan Bintang Papua

Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang diserang KKB

Pencemaran Bengawan Solo, Pelaku Ngaku Buang Ribuan Liter Limbah Ciu Ke Sungai Samin Setiap Hari

Polres Sukoharjo menggelar perkara kasus buang limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo dengan peragaan oleh dua pelaku.

KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargisari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Upaya Penyisiran Lokasi Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Cilacap

Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV menyebabkan dua orang meninggal

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Tips Terhindar dari Penipuan Arisan Online

Saat ini banyak orang yang menggunakan tameng arisan online sebagai modus penipuan yang menimbulkan banyak korban.

Mau Tahu Harta Kekayaan Para Artis yang Jadi Anggota DPR? Ini Daftarnya

Masyarakat sebenarnya bisa ikut memantau harta kekayaan para artis yang jadi anggota DPR ini.

Kelola Sampah Organik dengan Maggot, Omah Limbah Gempol Klaten Wakili Jateng ke Tingkat Nasional

Omah Limbah Gempol mengelola sampah organik agar berdaya guna sebagai pakan utama maggot alias belatung dari lalat BSF.

Hati-Hati Lur! Jembatan Trobayan Sragen Retak-Retak, Rawan Ambles

Jembatan Trobayan di Kalijambe Sragen kembali rusak hingga mengancam keselamatan pengguna jalan, khususnya pengemudi kendaraan roda empat atau lebih.

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Kisah Kades Gempol Klaten yang Diprimpeni Arwah Leluhur saat Jalani Isoman

Kepala Desa (Kades) Gempol, Kecamatan Karanganom, Edy Suryanta, merupakan salah seorang penyintas Covid-19 di desanya, Jumat (17/9/2021).

Ella Skin Care Menginspirasi melalui 1.000 Serum

Ella Skin Care dengan produknya Matcha Sebo Control Serum mengatasi masalah jerawat yanpa efek samping.

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Viral Pelajar SMA Jadi MUA, Hasil Riasannya Bikin Kaget Warganet

Seorang pelajar SMA yang diketahui bernama Desi menjadi sorotan karena keterampilannya jadi MUA. 

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.