SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kantor KPUSukoharjo. (manteb.com)

Solopos.com, SUKOHARJO--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan Suara tingkat kabupaten dalam Pemilu 2014 di aula kantor KPU setempat, Sabtu (19/4). Agenda yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB tersebut berlangsung hingga malam.

Pantauan solopos.com, Sabtu sekitar pukul 11.00 WIB, salah satu komisioner KPU Sukoharjo, Nuril Huda, membacakan perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) DPR satu per satu. Sementara itu, petugas mencatat hasil itu di plano khusus di bagian selatan aula. Petugas lain mencatat hasil itu pada lembar Microsoft Excel yang ditayangkan melalui layar khusus di samping tempat duduk para komisioner KPU.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para saksi dari partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 juga terlihat antusias memperhatikan perolehan suara para caleg dan parpol. Sebagian kader dan simpatisan parpol datang ke Kantor KPU Sukoharjo dan duduk-duduk di sekitar aula KPU.

Ekspedisi Mudik 2024

Rekapitulasi suara tersebut berlangsung hingga malam hari. Pasalnya, KPU harus membacakan perolehan suara per caleg per kecamatan pada rapat pleno itu.
Komisioner KPU, Yulianto Sudrajat, melalui SMS yang dikirim kepada solopo.com, Sabtu pukul 17.30 WIB, mengatakan rekapitulasi perolehan suara sudah sampai DPRD Provinsi. Menurutnya, KPU tidak mau terburu-buru dalam proses tersebut.

“Alon-alon [pelan-pelan],” ujarnya.

Komisioner KPU lainnya, Nuril Huda, melalui BBM kepada Espos, pukul 17.50 WIB, menjelaskan rekapitulasi perolehan suara DPRD provinsi sudah selesai hingga lima kecamatan. Padahal, Sukoharjo memiliki 12 kecamatan.
“Kemungkinan selesai sekitar pukul 24.00 WIB,” kata dia.

Hingga Jumat (18/4), KPU Sukoharjo sudah menghitung data perolehan suara yang masuk. Khusus untuk perolehan suara DPRD Sukoharjo, sesuai salinan data yang dimiliki KPU Sukoharjo, tercatat PDIP mendapat perolehan suara terbanyak, yaitu 225.666 suara. Partai berlambang banteng tersebut berhasil mendudukkan 22 caleg mereka di DPRD Sukoharjo pada Pemilu 2014.

Perolehan suara itu disusul oleh Partai Gerindra yang meraup 55.941 suara. Partai ini membuat gebrakan dengan meloloskan lima caleg ke kursi parlemen Sukoharjo. Pada Pemilu 2009, partai berlambang garuda tersebut tak berhasil meloloskan satu calegpun ke DPRD Sukoharjo.

Pada posisi ketiga, Partai Golkar kokoh dengan dukungan 48.189 suara. Selanjutnya, PAN menyusul dengan 37.539 dukungan masyarakat Sukoharjo.
Pada urutan ke-5, PKS berhasil meraih 26.769 dukungan. Namun sayang, PKS hanya mampu meloloskan satu orang caleg ke parlemen Sukoharjo. Jumlah itu menyusut dibanding perolehan kursi Pemilu 2009 yang membuat PKS kala itu meraih empat kursi di parlemen Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya