SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, SRAGEN —Sejumlah partai politik (parpol) menyatakan sudah menyiapkan ribuan saksi yang ditempatkan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilu 2014, Rabu (9/4/2014). Tak tanggung-tanggung, parpol mengalokasikan dana hingga ratusan juta rupiah untuk membayar para saksi.

Salah satu parpol yang sudah menyiapkan saksi yakni Partai Demokrat. Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Joko Saptono, menegaskan pihaknya menyiapkan masing-masing satu saksi di setiap TPS di Bumi Sukowati. Di Sragen, terdapat 2.594 TPS saat pemilu mendatang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Terkait pembekalan saksi, Joko menerangkan pihaknya sudah menyiapkan sekaligus memberikan buku saku serta surat tugas. Tak hanya saksi di TPS, pihaknya juga menempatkan koordinator saksi di tingkat Panitia Pemungutan Suara (TPS) serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kordes [koordinator desa] serta korcam [koordinator kecamatan] kami juga sudah menyiapkan. Kordes ini nanti sifatnya mengkoordinasi saksi-saksi di TPS sementara di korcam itu mengkoordinasi para kordes,” ujar Joko saat berbincang dengan wartawan di Sragen, Senin (7/4/2014).

Disampaikannya, DPC Partai Demokrat Sragen menyiapkan dana hingga Rp270 juta guna honor para saksi tersebut. Ditegaskannya, pencairan dana untuk honor para saksi dilakukan mulai Senin. “Dana untuk saksi kami memberikan Rp100.000/saksi. Untuk total kami menyiapkan dana Rp270 juta untuk saksi di TPS, PPS, PPK serta KPUD,” ungkapnya.

Persiapan ribuan saksi juga dilakukan DPC PKB Sragen. Ketua DPC PKB Sragen, Mukafi Fadli, menerangkan hingga Senin, pihaknya sudah menyiapkan 90% saksi yang bakal ditempatkan di setiap TPS. “Kami targetkan hari ini bisa 100%. Laporan yang masuk sudah sekitar 90% saksi yang disiapkan,” terangnya.

Mukafi mengungkapkan saksi menjadi bagian penting bagi parpol saat pemilu mendatang. Ditambahkannya, selain memantau perhitungan suara di TPS, para saksi yang disiapkan juga memiliki tugas untuk melaporkan ke DPC PKB setelah perhitungan selesai. “DPC nanti akan melakukan tabulasi online. Jadi laporan dari para saksi ini akan kami jadikan bahan untuk tabulasi,” urainya.

Disinggung honor untuk para saksi, Mukafi menerangkan masing-masing saksi bakal menerima Rp100.000. diakuinya, dana yang disiapkan mencapai ratusan juta rupiah yang berasal dari berbagai sumber. “Dana untuk saksi itu dari kas parpol, iuaran anggota dewan incumbent serta caleg [calon anggota legislatif],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya