SOLOPOS.COM - Ilustrasi Anggaran (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, BANTUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, mencatat semua partai politik peserta Pemilu 2014 telah menyerahkan laporan dana kampanye hingga batas akhir pelaporan pada 27 Desember 2013.

“Laporan dana kampanye sudah masuk semua dari 12 partai, namun satu partai yang terlambat sekitar sepuluh menit, yakni Partai Persatuan pembangunan (PPP),” kata Komisioner KPU Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Syahruddin, Sabtu (28/12/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, meski semua partai yang telah menyerahkan laporan dana kampanye, namun ada beberapa partai di antaranya masih membutuhkan perbaikan, karena belum sempurna termasuk satu partai yang terlambat tersebut dicatat dalam administrasi KPU Bantul.

Oleh sebab itu, kata dia partai diharapkan melakukan perbaikan laporan dana kampanye terhitung dua hari sejak batas akhir pelaporan, yakni pada Sabtu (28/12/2013) dan Minggu (29/12/2013) nanti.

“Sesuai surat edaran KPU RI Nomor 860 tentang adanya perpanjangan pelaporan dana kampanye, maka pada jika sampai pada 27 Desember laporan dana masih kurang, masih bisa diperbaiki, KPU memberikan toleransi perbaikan dua hari,” katanya.

Ia mengatakan, setelah memberikan batas waktu perbaikan, maka tahapan selanjutnya KPU Bantul akan mempublikasikan melalui website KPU, terkait partai yang telah melaporkan dana kampanye dan sumbangan dari pihak ketiga.

“Kewenangan kami hanya menerima laporan dana kampanye dari partai, kemudian kami konsultasikan ke KPU DIY, sebelum diserahkan ke Kantor Akuntan Publik untuk dilakukan audit,” katanya.

Menurut dia, dana kampanye yang dimaksud bukanlah keuangan organisasi parpol, akan tetapi hanya rekening parpol terkait setoran dana kampanye, baik dari calon anggota legislatif (caleg), lembaga nonpemerintah, maupun perseorangan.

“Ini adalah dana kampanye saja, bukan keuangan parpol, ini terkadang yang menjadi kurang dipahami rekan-rekan parpol, padahal kalau tidak ada sumbangan dari pihak lain, tulis saja nihil, yang penting ada laporannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya