SOLOPOS.COM - Spanduk berisi informasi dibentangkan saat kegiatan sosialisasi Pemilu 20124 yang memberikan berbagai informasi seputar penyelenggaraan pemilu dilaksanakan saat car free day di Karanganyar, Minggu (7/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Bony Eko Wicaksono)

Spanduk berisi informasi dibentangkan saat kegiatan sosialisasi Pemilu 20124 yang memberikan berbagai informasi seputar penyelenggaraan pemilu dilaksanakan saat car free day di Karanganyar, Minggu (7/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Bony Eko Wicaksono)

Spanduk berisi informasi dibentangkan saat kegiatan sosialisasi Pemilu 20124 yang memberikan berbagai informasi seputar penyelenggaraan pemilu dilaksanakan saat car free day di Karanganyar, Minggu (7/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Bony Eko Wicaksono)

Sariman, 43, tampak berlari-lari kecil di sekitar kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar. Dia sesekali melakukan gerakan tangan dan kaki atau pemanasan untuk melemaskan bagian tubuhnya. Pagi itu, Minggu (7/4/2013), Sariman dan ratusan peserta mengikuti jalan sehat yang diselenggarakan KPU Karanganyar di area Car Free Day (CFD).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kegiatan bertajuk Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu Jujur dan Adil dimulai dari depan kantor KPU Karanganyar menuju Taman Pancasila dan kembali lagi ke kantor KPU Karanganyar. Selain masyarakat, kegiatan tersebut juga diikuti oleh para pengurus partai politik (parpol) dan unsur Muspida Karanganyar. “Saya memang biasa jalan sehat setiap minggu di area CFD, kebetulan ada acara ini jadi saya langsung ikut,” katanya saat ditemui Espos, Minggu pagi.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Karanganyar, Kustawa Esye, mengatakan kegiatan gerak jalan sehat itu digunakan untuk mensosialisasikan pemilu legislatif (Pileg) pada 2014 mendatang. Para peserta gerak jalan sehat diberikan pemahaman mengenai tahapan pileg yang telah berlangsung.

Selain itu, materi sosialisasi Pileg yang disampaikan kepada peserta gerak jalan sehat terkait pendaftaran bakal calon legislatif (caleg) baik DPRD tingkat II, DPRD tingkat I maupun DPR. Sistem pemungutan suara pada Pileg mendatang juga tak lupa disampaikan kepada para peserta gerak jalan sehat. “Tahapan pelaksanaan Pileg telah dimulai, kami ingin masyarakat memahami terutama sistem pemungutan suara,” terangnya.

Selama ini, pihaknya telah mensosialisasikan persyaratan pendaftaran bakal caleg kepada para pengurus parpol. Diharapkan, masyarakat yang hendak maju sebagai bakal caleg memahami persyaratan maupun tahapan penyelenggaraan Pileg.

Selain itu, sistem pemungutan suara Pileg yang dijadwalkan dilaksanakan pada 9 April 2014 tidak menggunakan sistem pencontrengan melainkan pencoblosan. Para pemilih diminta memahami aturan tersebut saat memberikan hak suaranya. “Jadi tidak lagi mencontreng melainkan mencoblos, ini sudah aturan dari KPU Pusat,” terangnya.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan pengundian doorprize para peserta gerak jalan sehat. Hadian yang diberikan berupa peralatan elektronik seperti televisi, VCD/DVD player, kulkas dan sepeda gunung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya