SOLOPOS.COM - Ilustrasi form klaim asuransi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, Gunungkidul-Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan mengkaji pemberian kartu asuransi yang dilakukan calon anggota legislatif dan partai politik peserta Pemilihan Umum Legislatif 2014 kepada masyarakat kurang mampu di wilayah setempat.

Divisi Pengawasan Panawaslu Gunungkidul Budi Haryanto di Gunungkidul, Rabu, mengatakan asuransi merupakan penanggungan atau pengalihan risiko yang intinya membayar premi dalam bentuk uang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Menurut saya, itu masuk unsur pemberian materi. Itu masuk pidana pemilu. Meski demikian, kami akan melakukan pengkajian dulu sebelum akhirnya menetapkan apa pidana atau bukan,” kata Budi.

Ia mengatakan, Panwaslu dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan internal untuk menyamakan pandangan dalam menyikapi kecurangan pada pemilu, dengan salah satu materinya pemberian kartu asuransi.

“Untuk sementara ini, kami belum tahu apa yang harus kami lakukan. Kami perlu melakukan rapat internal terlebih dahulu,” kata dia.

Ketua DPC Hanura Gunung Kidul Rida Mustofa mengatakan, partainya sudah membagikan 4.000 kartu asuransi kesehatan yang ditargetkan mencapai 30.000 kartu kepada masyarakat kurang mampu.

“Bagi warga yang memegang kartu asuransi, akan memperoleh santunan jika kecelakaan atau meninggal. Untuk kecelakaan hingga meninggal ahli waris akan menerima Rp9 juta sementara jika kematian wajar ahli waris memperoleh Rp1 juta,” kata Rida.

Ia mengatakan, pemberian asuransi merupakan bentuk kepedulian partai dalam melindungi masyarakat sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat. Selain kartu asuransi, Partai Hanura juga membagikan bantuan makanan.

Disinggung mengenai target perolehan kursi di DPRD Gunung Kidul Rida mengatakan, partai menargetkan minimal satu dapil satu kursi sehingga ada lima kursi.

“Target tersebut realistis, sebab Hanura berdasarkan Pemilu 2009 sudah memiliki massa yang cukup besar,” katanya.

Untuk itu, ia mendorong seluruh pengurus baik di tingkat ranting hingga DPC tetap solid berkoordinasi dan merapatkan barisan dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya