SOLOPOS.COM - Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koperasi dan UKM, Sjariffudin Hasan atau Syarief Hasan, memastikan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri karena telah terpilih menjadi anggota DPR periode 2014–2019.

Syarief menyatakan tidak akan melakukan rangkap jabatan sehubungan dengan jabatan barunya sebagai anggota legislatif beberapa saat sebelum pergantian pemerintahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anggota DPR periode 2014-2019 akan dilantik pada 1 Oktober atau sekitar tiga pekan sebelum kabinet yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berakhir pada 20 Oktober 2014.

Menurutnya, dia akan melaporkan rencana pengunduran dirinya tersebut kepada SBY sesegera mungkin setelah keluar keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kebijakan ada di Pak Presiden. Nanti sebelum dilantik saya mengundurkan diri, kemudian menunggu Keputusan Presiden,” ujarnya usai menyaksikan Pawai Seni Budaya Kreatif di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (18/8/2014).

Menurut Syarief Hasan,  akan ada menteri ad interim yang mengganti posisinya “Biasanya ada ad interim yang dijabat menteri lain. Belum ada pembahasan. Tetapi kebijakan ada di Pak Presiden,” katanya.

Syarief Hasan terpilih menjadi anggota DPR dari Partai Demokrat. Selain Syarief, masih ada dua menteri asal Partai Demokrat yang juga terpilih menjadi anggota DPR periode 2014–2019 yakni Jero Wacik yang saat ini menjabat Menteri ESDM dan EE Mangindaan yang saat ini menjabat Menteri Perhubungan.

Dia menegaskan Partai Demokrat di parlemen akan berperan sebagai penyeimbang. “Kita dukung kalau programnya sesuai dengan kita. Kalau tidak ya kita kritisi. Kita kasih solusi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya