SOLOPOS.COM - Kegiatan pelipatan surat suara pemilu. (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Kegiatan pelipatan surat suara pemilu. (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SUKOHARJO–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggandeng organisasi perempuan agar peran serta masyarakat meningkat pada pemilu dan pilkada mendatang. Sosialisasi kelas perempuan itu digelar di Wisma Boga, Grogol, Sukoharjo, Sabtu (15/9/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedikitnya 24 pimpinan organisasi wanita di Sukoharjo hadir pada kegiatan itu. Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto menyatakan, pemateri pada kegiatan adalah Andreas Pandiangan, anggota KPU Provinsi Jateng bidang sosialisasi. Usai penyampaian materi dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama antara organisasi wanita yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Sukoharjo dengan KPU.

Ditambahkan anggota KPU Sukoharjo, Yulianto Sudrajat, pada 2011 KPU Sukoharjo memrioritaskan pemilih pemula sedangkan tahun ini pada pemilih perempuan.

“Sosialisasi dimaksudkan agar peran serta masyarakat dalam pemilu dan pemilukada meningkat, khususnya perempuan. Peningkatan partisipasi perempuan diperlukan seiring dengan semangat undang-undang partai politik yang memberikan ruang bagi wanita untuk berkiprah. Tidak lagi menjadi kanca wingking (teman di belakang).”

Disebutkan oleh Drajat, partisipasi pemilih perempuan pada pemilukada Sukoharjo beberapa tahun lalu sebesar 67% atau turun dibanding saat Pileg yang mencapai 71%. Menurutnya, selain penandatangan kerja sama dengan organisasi perempuan juga diteken kerja sama dengan dinas pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya