SOLOPOS.COM - Adegan kuis bernuansa kampanye yang sempat diperingatkan KPI karena dinilai melanggar ketentuan etika penyiaran (youtube.com )

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjatuhkan sanksi administratif penghentian sementara program siaran Indonesia Cerdas di Global TV dan Kuis Kebangsaan di RCTI. Sanksi penghentian sementara program acara di 2 televisi milik Hari Tanoesudibjo itu disampaikan Ketua KPI Pusat Judhariksawan dalam sidang khusus penjatuhan sanksi di Kantor KPI Pusat, Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Sidang tersebut tidak dihadiri oleh perwakilan RCTI dan Global TV, meski KPI sebenarnya sudah melayangkan surat yang meminta kehadiran perwakilan dua stasiun televisi tersebut. Penghentian sementara program siaran Indonesia Cerdas dan Kuis Kebangsaan itu berlaku sejak Jumat (21/2/2013) hingga dilakukannya perubahan atas materi 2 program siaran tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara dari siaran pers KPI, Judha menyatakan keputusan tersebut didasarkan pada pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis yang menemukan adanya pelanggaran atas Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS), P3 Pasal 11, dan SPS Pasal 11 ayat (1) dan ayat (2) serta Pasal 71 ayat (3).

Sebelum penjatuhan sanksi penghentian sementara ini, menurut Judha, KPI telah mengirimkan 2 kali surat teguran tertulis kepada RCTI dan Global TV, namun tidak ada perubahan materi siaran seperti yang diminta oleh KPI.

Judha menjelaskan, dalam program tersebut didapati isi siaran yang bersifat tidak netral dan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi pemilik lembaga penyiaran dan/atau kelompoknya. Selain ke-2 acara itu mengikutsertakan calon anggota legislatif dari Partai Hanura, program-program siaran tersebut juga menghadirkan Wiranto dan Hari Tanoesudibjo yang sudah dideklarasikan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden partai tersebut. Hal lain yang juga menjadi pelanggaran menurut KPI adalah adanya password Bersih, Peduli, Tegas yang merupakan tagline Partai Hanura.

Sebelum menjatuhkan sanksi, KPI telah memberikan kesempatan bagi kedua lembaga penyiaran tersebut untuk memberikan klarifikasi pada 13 Februari lalu. Judha menyatakan, untuk dapat menayangkan kembali program siaran Indonesia Cerdas dan Kuis Kebangsaan, Global TV dan RCTI harus melakukan perubahan materi siarannya.

Caranya dengan menghilangkan seluruh materi siaran yang bersifat tidak netral dan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi pemilik lembaga penyiaran dan/atau kelompoknya dengan menghilangkan penyebutan WIN-HT, tagline kampanye Partai Hanura: Bersih, Peduli, Tegas. Dan tidak melibatkan pemilik lembaga penyiaran atau kelompoknya, dalam hal ini calon anggota legislatif Partai Hanura, sebagai pembaca kuis.

Selain itu KPI juga meminta RCTI dan Global TV untuk melaporkan upaya perbaikan kepada KPI, bila ingin segera menayangkan kembali program kuis tersebut. Judha berharap sanksi administratif ini menjadi pelajaran bagi lembaga penyiaran lain yang masih menyiarkan materi iklan politik yang melanggar ketentuan dalam P3 & SPS.

“Jangan sampai lembaga penyiaran membuat program baru atau menggunakan program-program yang sudah ada untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pribadi dan/ atau kelompok dari pemilik lembaga penyiaran,” kata Judha.

Selain itu, KPI sudah bersepakat dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu untuk menjalankan kewenangan masing-masing lembaga dalam pengawasan penyiaran pemilu. “Karenanya, KPI tidak akan berhenti untuk terus memberikan sanksi pada seluruh lembaga penyiaran yang terbukti telah melakukan pelanggaran,” kata Judha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya