SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, KLATEN–Jadwal kedatangan surat suara untuk Pemilu Legislatif 2014 mundur. Surat suara yang diperkirakan datang pada pertengahan Februari, mundur menjadi awal Maret 2014 karena validasi daftar pemilih tetap (DPT) baru dilakukan Senin (3/2/2014) lalu.

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Rohmat Sunarno, mengatakan mundurnya kedatangan surat suara tersebut karena masih ada persoalan untuk validasi DPT. Sebab, pengiriman validasi data terkini dilakukan Senin (3/2/2014) dan pencetakan surat suara diperkirakan mulai Selasa (4/2/2014). Jadi, distribusi surat suara dari percetakan diperkirakan awal Maret 2014.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Informasi itu [mundurnya kedatangan surat suara] kami peroleh dari KPU RI. Kemungkinan ini serentak di seluruh Pulau Jawa. Selain karena validasi DPT, distribusi surat suara juga diprioritaskan untuk wilayah timur salah satunya Papua karena wilayahnya terjauh,” katanya saat dihubungi solopos.com, Kamis (6/2/2014).

Ia menambahkan walaupun jadwal kedatangan surat suara tersebut mundur, ia belum berencana mengubah jadwal distribusi surat suara ke kecamatan dan tempat pemungutan suara (TPS). Ia tetap merencanakan pada 20 Maret ini mulai dilakukan distribusi ke kecamatan karena hal itu memerlukan waktu sekitar 15 hari.

“Kalaupun mundur, paling satu atau dua hari dari jadwal yang kami rencanakan. Tapi, setelah surat suara tersebut datang, kami akan kejar target untuk melakukan sortir dan pelipatan surat suara secepatnya. Yang penting, kami akan kejar target salah satunya dengan memperbanyak jumlah petugas sortir,” ujarnya.

Sementara itu, KPU Klaten mulai melakukan pindahan ke gudang baru yakni di SMK Katolik Klaten secara bertahap. Sejumlah logistik yang sudah datang sebelumnya diantaranya bantalan, kotak untuk surat suara, dan bilik suara mulai diangkut ke gudang baru.

Diberitakan sebelumnya, KPU akan melakukan sortir dan pelipatan surat suara di gudang baru karena lebih representatif untuk menyimpan logistik Pemilu Legislatif 2014. KPU juga mempersiapkan perekrutan tenaga untuk kegiatan itu sekitar 300 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya